Top Markotop! Presiden AFC Ikut Bertarung Berebut Kursi Presiden FIFA

Top Markotop! Presiden AFC Ikut Bertarung Berebut Kursi Presiden FIFA
Sheikh Salman. Foto: Int

jpnn.com - PEREBUTAN kursi presiden Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) semakin seru dengan mendaftarnya Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Sheikh Salman Bin Ebrahim Al Khalifa dari Bahrain, Senin.

Sheikh Salman telah mengirim pencalonannya ke markas FIFA Minggu, sehari sebelum tanggal pendaftaran calon ditutup.

Seperti diketahui Sheikh Salman memiliki hubungan erat dengan Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah dari Kuwait, merupakan salah seorang pria paling berkuasa dalam politik olahraga internasional dan orang penting dalam Komite Olimpiade Internasional (IOC) ini, mendapat dukungan penuh dari tokoh sepak bola Asia minggu lalu.

Sheikh Salman sebelum ini telah mendukung Presiden Federasi Sepakbola Eropa (UEFA), Michel Platini.

Namun dengan masalah yang menyelubungi tokoh dari Prancis itu, karena terlibat tuduhan disiplin melibatkan pembayaran gaji tertunda 1,3 juta pound dari sumber keuangan FIFA yang ditandatangani presiden Sepp Blatter pada tahun 2011, telah mengubah situasi pemilihan presiden.

Awal bulan ini, Platini baru saja dijatuhi hukuman berupa skorsing selama 90 hari oleh Komite Etika FIFA. Platini dinyatakan bersalah telah melanggar aturan organisasi terbesar sepak bola dunia itu.

Sebelumnya, nama Platini terseret setelah Kejaksaan Swiss melakukan penyelidikan terhadap Presiden FIFA Sepp Blatter. Platini diduga telah menerima uang tutup mulut dari Blatter.

Keputusan itu menyebabkan dukungan terhadap Platini menurun dengan cepat.

PEREBUTAN kursi presiden Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) semakin seru dengan mendaftarnya Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News