Top, Penyaluran Dana BOS Makin Cepat di Era Mas Menteri Nadiem

Top, Penyaluran Dana BOS Makin Cepat di Era Mas Menteri Nadiem
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengeklaim penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) 2020 lebih cepat dibanding 2019.

Berdasar data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2020, sistem penyaluran langsung dana BOS ke rekening sekolah berhasil mengurangi keterlambatan.

Sistem itu juga mendapatkan tanggapan positif dari sekolah maupun pemerintah daerah.

“Penyaluran BOS lebih cepat sekitar tiga minggu dibandingkan tahun 2019," kata Nadiem saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (10/3).

Menurut Nadiem, penyaluran langsung dana BOS ke rekening sekolah di 2020 mengurangi keterlambatan rata-rata 32 persen dibandingkan 2019.

Sosok yang karib disapa Mas Menteri Nadiem itu juga menyampaikan berita gembira bahwa pada 2021 ini untuk pertama kalinya nilai satuan biaya BOS akan bervariasi sesuai karakteristik daerah masing-masing.

Dia mencontohkan, di Kepulauan Aru, Maluku, alokasi dana BOS meningkat 40 persen.

Kemudian, di Kabupaten Intan Jaya, Papua dana BOS naik 117-131 persen.

Mendikbud Nadim Makarim mengeklaim penyaluran dana BOS 2020 lebih cepat tiga pekan dibandingkan 2019. Sistem penyaluran langsung dana BOS ke rekening sekolah berhasil mengurangi keterlambatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News