Tragedi Mesuji Potensial Terjadi di Kaltim

Tragedi Mesuji Potensial Terjadi di Kaltim
Tragedi Mesuji Potensial Terjadi di Kaltim
JAKARTA – Kasus konflik agraria di Kabupaten Mesuji, Lampung, dan Kecamatan Mesuji, Sumsel, yang memakan korban jiwa, bisa saja terjadi di Kalimantan Timur (Kaltim) karena daerah ini memiliki potensi konflik yang sama. Pemerintah diminta meredam bibit konflik serupa di Kaltim.

Anggota DPR RI asal Kaltim, Nanang Sulaeman menegaskan, pemerintah jangan justru menutup-nutupi jika ada kasus semacam itu di daerahnya. “Jangan ditutupi, Wali Kota atau Bupati kalau tahu ada masalah harus diekspose,” kata Nanang, Minggu (18/12).

Menurut politisi PPP ini, peran pemerintah sebagai mediator sangat penting dalam hal ini. “Harus ada perundingan antara warga setempat dengan perusahaan yang ingin beroperasi di sana,” katanya. Dia meminta pemerintah daerah  tidak terlalu memihak pada investor atau pengusaha.

Nanang menyatakan, konflik lahan semacam itu juga banyak terdapat di Kaltim. “Kemungkinan besar pasti ada,” tandasnya. Dia menegaskan, perlunya keterbukaan berbagai pihak. “Aparat desa harus melaporkan ke Camat, lalu ke Bupati dan seterusnya. Demikian juga polisi jika menerima laporan, harus segera menyampaikan ke Polda, dari Polda ke Polri,” katanya.

JAKARTA – Kasus konflik agraria di Kabupaten Mesuji, Lampung, dan Kecamatan Mesuji, Sumsel, yang memakan korban jiwa, bisa saja terjadi di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News