Transmigrasi Harus Bisa Atasi Kemiskinan

Transmigrasi Harus Bisa Atasi Kemiskinan
Transmigrasi Harus Bisa Atasi Kemiskinan
JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menyatakan, sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) tahun 2010-2014 maka  pembangunan transmigrasi diprioritaskan pada upaya pemanfaatan dan pengelolaan potensi sumber daya alam (SDA). Upaya yang akan dilakukan melalui pengintegrasian pengembangan kawasan pedesaan dengan pengembangan kawasan perkotaan sebagai pusat pertumbuhan dalam satu kesatuan sistem pengembangan ekonomi wilayah.

"Pembangunan di bidang transmigrasi tidak hanya terbatas pada aspek wilayah dan tata ruang secara fisik, melainkan juga pada aspek sumber daya manusia yang pada gilirannya harus mampu memberikan kontribusi secara nyata dan terukur dalam pembangunan  perdesaan serta pengembangan ekonomi lokal dan daerah dalam rangka meningkatkan daya saing daerah,“ kata Muhaimin di Gedung Kemenakertrans, Kalibata, Jakarta, Rabus (15/8).

Dengan begitu, lanjut Muhaimin, transmigrasi dipastikan  bisa menjadi program strategis tidak saja bagi permasalahan demografis, namun juga dalam rangka mengentaskan kemiskinan masyarakat dan menekan angka pengangguran. Muhaimin menambahkan, pemerintah telah menetapkan bahwa program transmigrasi sebagai model pengembangan yang diarahkan untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran.

"Sekaligus mengurangi ketimpangan pembangunan nasional dan mendukung ketahanan pangan nasional. Tapi selain itua, tentu mendukung kebijakan energi alternatif di kawasan transmigrasi, mendorong pemerataan pertumbuhan ekonomi dan investasi di daerah serta perekat integrasi bangsa dan kedaulatan Negara (NKRI)," paparnya.

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menyatakan, sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News