Tulang Rawan Buaya Bisa Obati Nyeri Persendian

Tulang Rawan Buaya Bisa Obati Nyeri Persendian
Tulang Rawan Buaya Bisa Obati Nyeri Persendian

Pakar mikrobiologi Dr Padraig Strappe mengatakan tulang rawan buaya bisa menjadi kunci dalam mengobati nyeri dan radang sendi pada manusia.

Dr Strappe bersama tim peneliti dari Central Queensland University Australia telah melakukan berbagai percobaan mengekstraksi faktor pertumbuhan dari tulang rawan buaya dan menghilangkan protein yang memicu respons kekebalan pada manusia.

"Hasilnya berupa sup atau lem yang mungkin mendukung sel induk dewasa kita, yang diambil dari jaringan lemak atau sumsum tulang, untuk menjadi tulang rawan," jelas Dr Strappe.

"Kami berharap hal ini membantu perbaikan tulang rawan, yang banyak dialami penduduk lansia," tambahnya.

Setelah 'sup' tulang rawan buaya itu ditambahkan ke sel induk orang dewasa, lalu dicetak menggunakan printer 3D sehingga bisa disuntikkan atau ditanam ke persendian manusia yang telah rusak.

"Jika mengalami cedera traumatis pada persendian, terutama lutut, ada retakan atau celah. Hal itu tidak memiliki sistem perbaikan endogen karena tulang rawan memang tak memiliki suplai darah," kata Dr Strappe.

Dia menggambarkan kondisi ini sebagai lubang yang harus diisi.

"Dengan cetakan 3D kita bisa meniru lubang atau celah itu. Para bedah ortopedi bisa mengisinya dengan eksplan tulang rawan untuk memperbaiki persendian tersebut," katanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News