Tulungagung Diharapkan Tetap Pertahankan Lahan Pertanian

Tulungagung Diharapkan Tetap Pertahankan Lahan Pertanian
Kiyai Muda Jawa Timur menggelar pelatihan pertanian kepada masyarakat di Kabupaten Tulungagung, Sabtu (13/5). Foto: Kiyai Muda Jawa Timur

jpnn.com, TULUNGAGUNG - Kiyai Muda Jawa Timur mengharapkan sektor pertanian menjadi andalan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Pemda dan masyarakat setempat juga diharapkan mempertahankan lahan pertanian dengan memperkuat hasil tani dan sumber daya manusia yang berkualitas.

Demikian diungkapkan Koordinator Wilayah (Korwil) Kiyai Muda Jawa Timur Gus Ali Baidlowi dalam kegiatan 'Ngaji Pertanian Padi Organik' di Kompleks Yayasan Pendidikan Putra Buana, Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (13/5).

"Kami mendorong masyarakat Tulungagung yang terkenal dengan sentra pertaniannya yang memiliki tanah subur agar bagaimana mereka bisa mengelola lahan mereka secara optimal yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat," ujar Gus Ali.

Ali juga menyampaikan pentingnya pemberian nutrisi dan pupuk organik untuk tanaman agar baik terhadap kesehatan saat dikonsumsi.

Ali menambahkan pihaknya pun memberikan pelatihan agar memperkuat kualitas masyarakat Tulungagung.

"Tentu pelatihan itu juga dilakukan supaya para masyarakat khususnya petani bisa mengolah pertanian dengan baik dengan tetap menggunakan pupuk organik agar hasil konsumsinya bisa dimakan dengan aman," kata dia.

Menurutnya, masyakarat merepons kegiatan tersebut dengan antusias dan mengikuti pelatihan tersebut dengan serius. Dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi yang muncul seputar pertanian kepada mentor dalam kegiatan tersebut.

"Alhamdullilah, respons sangat baik, antusias dan mereka tampak khusyuk mengikuti serta mendengarkan setiap paparan yang diberikan. Ditambah, kami mengundang mentor sekaligus praktisi yang berpengalaman di bidangnya, yakni Mas Choirul Sholeh," ujar Ali.

Pemda dan masyarakat Tulungagung juga diharapkan mempertahankan lahan pertanian dengan memperkuat hasil tani dan sumber daya manusia yang berkualitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News