JPNN.com

Turki Kecolongan, Bom Renggut 19 Nyawa di Aleppo

Selasa, 04 Juni 2019 – 23:04 WIB Turki Kecolongan, Bom Renggut 19 Nyawa di Aleppo - JPNN.com

jpnn.com, ALEPPO - Penduduk Kota Azaz, Aleppo, Syria, baru saja keluar masjid setelah salat Magrib pada Minggu (2/6) waktu setempat ketika sebuah bom mobil meledak. Lokasi masjid dekat dengan pasar yang tengah ramai pengunjung. Ledakan yang kuat mengakibatkan 19 orang kehilangan nyawa. Empat di antaranya adalah anak-anak. Sebanyak 20 orang lainnya juga luka-luka.

''Ini adalah malapetaka sebelum libur Idulfitri,'' ujar Jihad Berro, petugas kamar mayat di rumah sakit setempat, seperti dikutip AFP.

Rumah sakit penuh dengan para korban dan keluarganya. Mereka yang tidak bisa diselamatkan terpaksa diletakkan di lantai karena keterbatasan tempat. Pencarian korban masih dilakukan hingga kemarin, Senin (3/6).

Berro mengungkapkan, mayoritas korban adalah orang-orang yang tengah berbelanja baju, makanan, dan hadiah untuk Idulfitri. Sekitar enam toko terbakar dan belasan toko lainnya rusak di bagian depan.

BACA JUGA: Aleppo Kembali Dibombardir Membabi Buta

Belum diketahui siapa pelaku di balik serangan maut itu. Azaz seharusnya aman. Wilayah tersebut masuk dalam perlindungan Turki. Negeri yang terletak di dua benua itu meluncurkan Operasi Perisai Eufrat pada 2016 dan menguasai sekitar 2 ribu kilometer persegi wilayah utara Syria. Azaz termasuk di dalamnya.

Pasukan Turki memukul mundur kelompok Islamic State (IS) alias ISIS dan mencegah warga maupun tentara Kurdi mendekati wilayah tersebut. Tentara dan intelijen Turki masih beroperasi di area yang mereka kuasai. Entah bagaimana mereka akhirnya bisa kecolongan.

Syria kini memang kembali membara. Meski ada gencatan senjata, pertempuran tetap terjadi di beberapa titik. (sha/c7/sof)

Sumber Jawa Pos

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...