Senin, 10 Desember 2018 – 16:24 WIB

Turnamen Basket Warga Sudan Dibatalkan

Rabu, 28 November 2018 – 16:00 WIB
Turnamen Basket Warga Sudan Dibatalkan - JPNN.COM

Penyelenggara turnamen bola basket warga keturunan Sudan Selatan di Melbourne, Victoria mengklaim tindakan yang disengaja untuk membangkitkan ketakutan warga tentang geng Afrika memaksa mereka membatalkan acara musim panas tahunan mereka.

Asosiasi Bola Basket Nasional Warga Australia keturunan Sudan Selatan mengatakan pihaknya kesulitan mencari tempat untuk menyelenggarakan turnamen Summer Slam yang seharusnya digelar bulan depan karena "hambatan yang tidak realistis" yang dipaksakan oleh para manajer stadion.

"Manajer stadion takut untuk menjadi tuan rumah acara kami karena cerita mengenai geng Afrika yang mereka lihat di pemberitaan," tulis asosiasi itu yang diunggah di akun Facebook.

"Beberapa organisasi mitra kami juga memiliki kekhawatiran terhadap acara kami karena ketakutan yang telah diciptakan.

"Tindakan beberapa remaja [keturunan Afrika] di masyarakat secara tidak adil telah digunakan untuk membangun stereotip bagi kebanyakan warga Afrika yang melakukan hal yang benar."

Turnamen National Classic asosiasi ini juga dibatalkan pada bulan Juli.

Induk organisasi bola basket di Victoria, Basketball Victoria mengatakan "persyaratan eksternal yang ketat' itu menunjukan asosiasi bola basket warga Australia keturunan Sudan Selatan tidak dapat memenuhi tuntutan dewan kota, termasuk memberi tahu warga sekitar tentang turnamen yang akan diselenggarakan, membayar bus menuju dan dari acara bagi semua pemain, membatasi penyelenggaraan hanya di jam-jam di siang hari, menyelenggarakan pertandingan grand final setengah hari dan membatasi jumlah penonton.

"Ini adalah persyaratan yang jarang tidak perlu diperintahkan pemenuhannya pada turnamen bola basket di Victoria lainnya dan jarang dipaksakan pemenuhannya di seluruh komunitas olahraga," kata jurubicara Basketball Victoria.

Polisi sempat dilempari batu setelah para pengunjung pesta mengotori sebuah properti yang disewa melalui Airbnb di Werribee oleh sejumlah gadis remaja yang terkait dengan penyelenggaraan event Summer Slam tahun lalu.

'Acara ini adalah tentang membantu anak-anak'

Sementara itu Dewan Kota Wyndham mengatakan sejumlah besar fans terpaksa dikunci didalam Eagle Stadium, tempat turnamen sebelumnya dilangsungkan, karena jumlah penonton yang membludak pada tahun 2016 dan 2017.

Direktur dewan kota, Jenny McMahon, mengatakan penyelenggara turnamen ini tidak secara resmi mengajukan permohonan untuk menjadi tuan rumah acara turnamen tahun ini di stadion Eagle itu setelah terjadi diskusi tentang upaya menemukan tempat yang lebih besar.

"Dewan memahami bahwa penyelenggara turnamen sedang mencari tempat alternatif dari negara bagian lain dan di seluruh Victoria dan memahami bahwa mereka tidak dapat mengamankan tempat alternatif tersebut," katanya.

"Tidak ada pendekatan formal yang dilakukan ke dewan Wyndham atau operator tempat untuk menyelenggarakan turnamen di Wyndham sejak diskusi awal pada 2018."

'Saya berkulit hitam. Saya dilihat sebagai ancaman.'

Program investigasi ABC Four Corners menghabiskan berminggu-minggu di lapangan berbicara dengan orang-orang yang terlibat langsung dalam perdebatan mengenai kejahatan yang dilakukan warga keturunan Afrika di Melbourne, baik remaja, orang tua, korban, Polisi Victoria dan pengadilan.

Dewan Kota Manningham, di timur Melbourne, mengatakan YMCA meminta dewan dan polisi untuk meminta nasihat tentang penyelenggaraan acara ini di Mullum Mullum Stadium di Donvale.

Tidak jelas berapa banyak dewan kota lain yang didekati oleh asosiasi bola basket warga Sudan.

Awal tahun ini, mantan Perdana Menteri Malcolm Turnbull mengatakan memiliki "keprihatinan nyata" tentang geng warga keturunan Sudan di Melbourne, dan Menteri Dalam Negeri Peter Dutton menjadi berita utama karena mengklaim orang takut pergi keluar untuk makan malam karena kejahatan geng warga keturunan Sudan.

Manyang Berberi dari Asosiasi Bola Basket Warga Keturunan Sudan di Australia mengatakan kepada ABC, pembatalan penyelenggaraan turnamen ini tidak produktif.

"Acara ini adalah tentang membantu anak-anak," katanya.

"Ini bagian besar dari solusi. Kami ingin anak-anak ini bergabung dalam kegiatan olahraga yang ada di tempat mereka berada. Ini adalah bagaimana mereka akan terlibat dan itulah bagaimana mereka akan keluar dari masalah."

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris disini. 

 
SHARES
Komentar