Turunkan Stunting, BKKBN dan Dexa Medica Gencarkan Edukasi Bidan se-Indonesia

Turunkan Stunting, BKKBN dan Dexa Medica Gencarkan Edukasi Bidan se-Indonesia
Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menghadiri acara Edukasi Bidan dan Intervensi Stunting besutan BKKBN dan Dexa Medica. Foto: dok. Dexa

jpnn.com - JAKARTA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerja sama dengan Dexa Medica dan Pemprov Sumatera Selatan menggelar Edukasi Bidan dan Intervensi Stunting di Kota Palembang pada Selasa, 27 Juni 2023.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menyampaikan Sumsel  merupakan provinsi terbaik secara nasional dalam menurunkan stunting.

Pencapaian ini merupakan kerja keras para bidan, pemerintah daerah, dukungan dari Dexa Group yang secara berkelanjutan mengedukasi bidan di seluruh Indonesia.

“Saya  sangat mengapresiasi kerja sama yang harmonis ini dan tentunya semua untuk mendorong target penurunan stunting sesuai yang ditetapkan Presiden Joko Widodo,”  jelas Hasto dalam keterangan resminya dikutip Rabu (27/6).

Pada kesempatan sama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan angka stunting di Sumsel yang sebelumnya 24,8 persen pada 2021 bisa diturunkan  sebesar 6,2 persen menjadi 18,6 persen pada 2022. Hal ini didorong oleh berbagai faktor, seperti kolaborasi lintas sektoral, sanitasi yang baik, pola hidup baik, dan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

“Penanganan stunting itu tidak hanya tanggung jawab satu instansi, semua punya peran dan tanggung jawab termasuk perusahaan farmasi, seperti Dexa Group," terangnya.

Kepedulian ini, lanjutnya, seharusnya didengungkan agar semua pihak ikut. Indonesia mudah-mudahan bisa masuk ke target WHO di bawah 20 persen, apalagi Presiden Jokowi sudah memerintahkan target di bawah 14 persen.

Program edukasi ini sangat penting untuk bidan yang merupakan garda terdepan dalam pelayanan ibu hamil dan anak.

Turunkan stunting di bawah 14 persen, BKKBN dan Dexa Medica gencarkan edukasi bidan se-Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News