TWF Promosikan Wallacea Region ke Beijing

TWF Promosikan Wallacea Region ke Beijing
TWF Promosikan Wallacea Region ke Beijing
JAKARTA- Kawasan Wallacea menjadi daya tarik tersendiri bagi para ilmuan. Tidak saja unik karena tidak terdapat di belahan dunia manapun, kawasan Wallacea yang merupakan belahan bumi antara Sulawesi hingga Papua itu memiliki keunikan flora dan fauna serta alam yang sangat indah.

Hebatnya lagi, kawasan Wallacea ini tidak termasuk belahan Asia atau Australia yang mengapit kumpulan pulau di nusantara bagian timur itu. Sebutan Wallacea sendiri diambil dari nama ilmuan asal Inggris, Alfred Russel Wallace. Selama 4 tahun tinggal di Ternate sekitar 150 tahun silam, Wallace melakukan berbagai penelitian di sana. Sehingga, kawasan yang meliputi Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara hingga Papua itu dinamakan kawasan Wallacea.

Ketua The Wallacea Foundation (TWF), Prof Sangkot Marzuki dalam jumpa pers di Eijkman Building Jl Diponegoro, Jakarta kepada wartawan mengatakan bahwa kekayaan alamiah yang sangat tersebut perlu untuk terus lestarikan sebagai sumber penelitian, konservasi alam hingga pembangunan kemasyarakatan.

“Karena itu, perlu ada semacam pengenalan kepada dunia dan masyarakat yang peduli dengan keunikan dan kekayaan dunia itu,” kata Sangkot.

JAKARTA- Kawasan Wallacea menjadi daya tarik tersendiri bagi para ilmuan. Tidak saja unik karena tidak terdapat di belahan dunia manapun, kawasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News