Ubah Lemak Tubuh Jadi Otot dengan Olahraga, Begini Caranya

Ubah Lemak Tubuh Jadi Otot dengan Olahraga, Begini Caranya
Ilustrasi latihan CrossFit. Foto: Hello Sehat

jpnn.com - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) memperhatikan olahraga yang kerap kali diyakini dapat mengubah lemak tubuh menjadi otot.

Olahraga angkat beban dan crossfit adalah dua jenis olahraga yang bertujuan untuk menguatkan dan menyehatkan raga. Meskipun terlihat sama, kedua jenis olahraga tersebut memiliki teknik dan karakteristik yang berbeda.

“Angkat beban berfokus pada pembentukan massa otot pada area tubuh tertentu, sedangkan crossfit adalah jenis olahraga yang berfokus pada gerakan fungsional intensitas tinggi yang mencakup gerakan aerobik (melatih jantung dan pembuluh darah), sekaligus gerakan anaerobik (membangun kekuatan otot),” ujar Medical General Manager PT Kalbe Farma Tbk, dr. Dedyanto Henky Saputra, M.Gizi, AIFO-K, dalam live Instagram @ptkalbefarmatbk.

Ia menjelaskan, angkat beban terfokus pada satu atau beberapa bagian otot tubuh saja, yang dilakukan terus menerus hingga massa otot bertambah pada area itu dan bentuk tubuh yang ditargetkan tercapai.

Sedangkan crossfit lebih berfokus melatih semua gerakan pada satu sesi latihan, dengan tujuan untuk memperkuat endurance, fleksibilitas, pembentukan tubuh, dan juga penurunan berat badan.

Menurut American Pediatric Academy, olahraga beban bisa dilakukan sejak usia 7-8 tahun, dengan pengawasan orang dewasa dan lebih direkomendasikan dengan berat yang menggunakan berat badan sendiri.

Hindari penggunaan mesin di gym karena setting-nya biasanya tidak cocok untuk anak, sehingga rawan cedera.

“Lansia juga dianjurkan untuk melakukan olahraga angkat beban karena bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatan sendi, sehingga menurunkan risiko osteoporosis dan osteoarthritis. Bagi lansia, lakukan 30 menit olahraga aerobik lima kali seminggu dan dua kali olahraga angkat beban yang melatih semua otot secara terjadwal,” tutur dr. Dedy.

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) memperhatikan olahraga yang kerap kali diyakini dapat mengubah lemak tubuh menjadi otot

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News