UI Sediakan 3.382 Bangku untuk Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN

UI Sediakan 3.382 Bangku untuk Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN
Siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat dalam sebuah kegiatan di Monas, Jakarta Pusat. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) menyediakan menyediakan 3.382 bangku bagi lulusan/siswa SMA, SMK dan sederajat melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018. Pendaftaran SBMPTN yang sudah dibuka pada 11 April itu akan berakhir pada 5 Mei mendatang.

Para calon mahasiswa UI bisa memilih 62 program studi S1 reguler untuk rumpun ilmu kesehatan, sains dan teknologi serta sosial dan humaniora. Tahun lalu ada 67.136 peserta SBMPTN yang mengincar bangku kuliah di UI.

Humas Rektorat UI Rifelly Dewi Astuti mengatakan, program studi kedokteran, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dan geologi menjadi jurusan yang paling diminati peserta Saintek 2016. “Sedangkan hukum, manajemen dan Ilmu Komunikasi UI menjadi jurusan yang paling diminati peserta soshum (sosial humaniora, red),” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (14/4).

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Sedangkan ujian SBMPTN akan diselenggarakan di seluruh wilayah di Indonesia pada 16 Mei 2017.

UI masuk ke dalam Panitia Lokal (Panlok) 30 Jakarta bersama dengan 3 universitas lainnya, yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) dan Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jakarta (UPN). Sebagai upaya memberikan informasi selengkap-lengkapnya bagi para calon mahasiswa, keempat PTN tersebut juga akan menggelar SBMPTN 2017 Info Day bertempat di Balairung UI kampus Depok pada Kamis, 20 April 2017 pukul 08.00-16.00.

"SBMPTN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh PTN satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis," tuturnya.

Peserta SBMPTN 2017 bisa memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 program studi. Jika peserta hanya memilih satu prodi, peserta dapat memilih PTN di manapun. Namun, jika peserta memilih dua atau tiga prodi, salah satu pilihan prodi harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian tertulis.(cr1/JPG)

Universitas Indonesia (UI) menyediakan menyediakan 3.382 bangku bagi lulusan/siswa SMA, SMK dan sederajat melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News