Ulama Punya Peran Penting Jaga Keutuhan Bangsa

Ulama Punya Peran Penting Jaga Keutuhan Bangsa
Halakah ulama dan pimpinan pondok pesantren se-Jawa Barat yang digelar di Hotel Seruni, Cisarua, Bogor. Foto: Istimewa

jpnn.com, CISARUA - Halakah ulama dan pimpinan pondok pesantren se-Jawa Barat yang digelar di Hotel Seruni, Cisarua, Bogor, berjalan dengan sukses.

Perwakilan dari Polri dan Badan Intelejen Negara (BIN) turut menghadiri acara bertajuk Penguatan Peran Ulama Dalam Pembangunan Bangsa itu.

Para peserta dari seluruh kabupaten dan kota se-Provinsi Jawa Barat juga mengapresiasi kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu.

Mewakili Kapolri Tito Karnavian yang berhalangan hadir, Irjen Pol Suntana mengatakan bahwa ulama memiliki peran penting untuk menjaga keutuhan bangsa.

"Pada saat ini kita mengisi pascakemerdekaan dengan tantangan yang berbeda dari sebelumnya. Dulu musuh kelihatan, sekarang tidak kelihatan," kata Suntana, Rabu (27/2).

Dia menambahkan, potensi konflik di Indonesia sangat besar. Hal itu sejalan dengan status Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak keanekaragaman.

"Apabila tidak bersama-sama dikelola oleh pemerintah, Polri, TNI, dan ulama, bangsa kita bisa hancur seperti negara lain," ujar Suntana.

Sementara itu, Wawan H Purwanto yang mewakili BIN mengajak semua elemen untuk tidak mudah terprovokasi.

Halakah ulama dan pimpinan pondok pesantren se-Jawa Barat yang digelar di Hotel Seruni, Cisarua, Bogor, berjalan dengan sukses.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News