Umat Katolik di Belitung Lakukan Prosesi Penghormatan Salib saat Peringati Jumat Agung

Umat Katolik di Belitung Lakukan Prosesi Penghormatan Salib saat Peringati Jumat Agung
Umat Katolik Gereja Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan prosesi "Penghormatan Salib" dalam kegiatan ibadah Jumat Agung pada Jumat (29/3) sore. Foto: Dok. Antara

jpnn.com, BELITUNG - Umat Katolik Gereja Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan prosesi "Penghormatan Salib" dalam kegiatan ibadah Jumat Agung pada Jumat (29/3) sore.

Sekretaris Pipa Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, Yohannes Djohan Wijaya mengatakan prosesi "Penghormatan Salib" merupakan bentuk penghormatan terakhir kepada Yesus yang rela mati di kayu salib untuk menebus dosa umat manusia.


“Penghormatan Salib adalah puncak perayaan Jumat Agung,” kata Yohannes Djohan Wijaya di Tanjung Pandan, Jumat (29/3/2024).

Menurut dia, ibadah Jumat Agung di Gereja Katolik Paroki Regina Pacis Tanjungpandan dipimpin oleh Pastor Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan RD. Fransiskus Paskalis dengan diikuti sekitar 300-400 umat Katolik.

Doa menambahkan ibadah Jumat Agung dilaksanakan untuk merenungkan kisah sengsara Yesus Kristus yang rela wafat di Kayu Salib.

Menurut dia, setiap kali perayaan Jumat Agung mengingatkan umat Katolik akan pengorbanan Yesus Kristus untuk menyelamatkan umat manusia.

“Yang tidak bisa lepas dari masalah, penderitaan, dan penghancuran,” ujarnya.

Dia menambahkan seruan ini mengajarkan umat Katolik untuk tetap memiliki rasa pengharapan dan percaya bahwa Allah tidak akan meninggalkan umat-Nya.

“Puncak ibadah Jumat Agung adalah penghormatan kepada Salib Yesus. Umat akan saling bergantian memberikan penghormatan kepada Salib Yesus,” kata Romo Fransiskus.(ant/fri/jpnn)

Umat Katolik Gereja Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan prosesi Penghormatan Salib.


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News