Rabu, 18 Juli 2018 – 05:44 WIB

UNBK SMA di Jateng, Beberapa Soal Matematika Kosong

Kamis, 12 April 2018 – 08:39 WIB
UNBK SMA di Jateng, Beberapa Soal Matematika Kosong - JPNN.COM

jpnn.com, SEMARANG - Pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tingkat SMA di Jawa Tengah pada hari kedua diwarnai masalah eror pada soal matematika.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kemendikbud Mochamad Abduh mengklaim hal itu dikarenakan proses pengunduhan yang tidak selesai.

Sebelumnya pada Selasa lalu (10/4) beberapa sekolah di Jawa Tengah. Sebut saja Temanggung 81 server bermasalah, Banjarnegara 86 server, dan Purbalingga 80 server. Daerah lain yang bermasalah ada 42 server di Kabupaten Magelang, Wonosobo 78 server, Karanganyar 75 server, Sragen 86 server, dan Batang 74 server.

”Hanya terjadi di Provinsi Jawa Tengah. Itupun tidak seluruh kabupaten/kota, hanya delapan kabupate/kota yang dilayani oleh satu server admin tersebut,” katanya.

”Laporan yang kami terima, terdapat sejumlah sekolah yang proses pengunduhan soal matematika tidak lengkap,” tutur Abduh kepada Jawa Pos (11/4). Karena pengunduhan tersebut tidak lengkap, ada beberapa nomor soal yang blank atau kosong.

Ketidaklengkapan soal Matematika SMA/MA diakibatkan oleh salah satu server admin yang melayani sebagian wilayah di Jawa Tengah eror. Menurut Abduh, pada saat sinkronisasi soal dari server admin ke server lokal terlaporkan selesai dan tidak ada masalah.

”Namun pada saat proses generate ada beberapa data yang corrupt, sehingga menyebabkan soal-soal matematika yang diunduh menjadi tidak lengkap,” ujar Abduh.

Solusi yang dilakukan adalah server admin tersebut tidak digunakan lagi dan dialihkan ke server admin yang lain. ”Sedangkan untuk solusi teknis di lapangan, Proktor kami minta melakukan sinkronisasi ulang agar siswanya mendapat soal yang lengkap,” bebernya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar