JPNN.com

UNDP: Anak Muda Kunci Sukses Platform Lapor di Masa Pandemi

Kamis, 15 April 2021 – 23:51 WIB
UNDP: Anak Muda Kunci Sukses Platform Lapor di Masa Pandemi - JPNN.com
Diskusi bulanan UNDP SDG Talks. Foto: dok pri UNDP

jpnn.com, JAKARTA - Peran anak muda menjadi kunci kesuksesan aplikasi online layanan laporan pelayanan publik (Lapor) di masa pandemi Covid-19.

Analis Kebijakan Muda Sub-Koordinator Sistem Informasi Pelayanan Publik Kemenpan-RB Rosikin mengatakan keterlibatan generasi muda akan mampu menjadi pemicu efek bola salju untuk partisipasi masyarakat secara luas.

“Pemerintah mendorong generasi muda untuk terus menyampaikan keluhan publik sebagai check and balance tentang kebutuhan masyarakat,” ujar Rosikin dalam keterangan resminya, Kamis (15/4/2021).

Lapor adalah aplikasi umum bidang pengelolaan pengaduan pelayanan publik.

Sampai tahun lalu, sistem Lapor telah mencatat 1,145,944 laporan yang telah diterima dan direspon oleh instansi yang terhubung di berbagai daerah di Indonesia.

Dari total laporan yang masuk pada tahun 2020 saja, sekitar 30 persen datang dari pengguna sistem Lapor yang berusia antara 20-30 tahun.

Wakil Kepala Perwakilan UNDP Indonesia Sophie Kemkhadze mengatakan UNDP Indonesia dan KOICA Indonesia ikut mendukung penajaman dan perluasan aplikasi sistem Lapor di Tanah Air.

“UNDP Indonesia terus menerus berinovasi terhadap pendekatan-pendekatan baru menghadapi berbagai tantangan, di antaranya lewat SP4N-Lapor yang bekerja sama dengan KOICA Indonesia dan Kemenpan-RB. Di platform ini, bisa dilihat tingginya tingkat partisipasi masyarakat untuk menyampaikan keluhan,” ujar Sophie Kemkhadze.

Sementara itu, Deputy Country Director Badan Kerja Sama Internasional Korea (KOICA) Indonesia, Song Joo Kim, menambahkan, sistem komunikasi Lapor adalah bagian dari pendekatan untuk mengubah perilaku masyarakat untuk aktif melaporkan keluhan publik.

“Hal ini dibutuhkan untuk mengatasi ketimpangan dan ketidakadilan sosial yang menjadi tantangan saat ini,” ujar Song Joo Kim.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...