Selasa, 25 September 2018 – 16:28 WIB

Unhas Target 5 Besar Peringkat Perguruan Tinggi Terbaik

Minggu, 19 Agustus 2018 – 00:42 WIB
Unhas Target 5 Besar Peringkat Perguruan Tinggi Terbaik - JPNN.COM

Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Dwia Aries Tina Palubuhu. Foto: Jawa Pos

jpnn.com, MAKASSAR - Posisi Unhas (Universitas Makassar) naik dalam daftar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2018 yang dilansir kemenristekdikti. Unhas berhasil naik satu peringkat di urutan ke delapan.

Pada 2016 lalu, Unhas masih di peringkat 11 kemudian 2017 berada di posisi 9. Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menempati peringkat satu, setelah pada periode 2017 disalip oleh UGM. Sementara Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI) tetap bertahan di posisi ketiga dan keempat.

Universitas Padjadajaran (Unpad) naik lumayan signifikan. Tahun lalu Unpad berada di urutan 14 dan sekarang naik di posisi sembilan.

Peringkat delapan besar berdasarkan penilaian Kemenristekdikti tak membuat Unhas lantas berpuas diri. Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu menegaskan, Unhas harus senantiasa gigih bersaing dengan perguruan tinggi lain.

"Bagi kami, torehan ini pemicu semangat untuk bisa terus naik lagi. InsyaAllah, Unhas bisa lima besar pada pemeringkatan selanjutnya," ucapnya, seperti diberitakan Fajar (Jawa Pos Group).

Rektor Unhas dua periode itu menjelaskan, sejauh ini telah memperbaiki semua aspek seperti menaikkan akreditasi. Program studi (prodi) strata satu (S1) kini 79 persen akreditasi A. Dalam waktu dekat akan menjadi 80 persen, karena ada beberapa prodi yang akan diakreditasi.

"Nah, sekarang saya juga dorong Unhas supaya prodinya terakreditasi internasional. Bukan A saja," tutur Dwia.

Tahun lalu, ada delapan prodi. Targetnya, tahun ini tambah 18 prodi lagi terakreditasi internasional. Jadi total akan menjadi 26 prodi terakreditasi internasional.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar