Universitas Negeri Malang Gelar Tes Jalur Mandiri

Universitas Negeri Malang Gelar Tes Jalur Mandiri
Universitas Negeri Malang Gelar Tes Jalur Mandiri
MALANG - Hari ini seleksi jalur mandiri di Universitas Negeri Malang (UM) siap digelar. Jalur yang diberi nama seleksi mahasiswa program diploma dan sarjana (SMPDS) ini diminati 4461 peserta. Mereka akan memperebutkan sekitar 1400 kursi di berbagai program studi yang ada di UM.

”Standar soal ujiannya hampir sama dengan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), apalagi UM termasuk penyusun soal SNMPTN,” ungkap Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Pengelolaan Sistem Informasi (BAAKPSI) UM, Amin Sidik kepada Malang Post (grup JPNN).

Program ini dibuka dalam rangka menjaring calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akademik, keterampilan untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tepat waktu, serta perluasan kesempatan belajar bagi calon peserta.

Ia menegaskan meski seleksi ini bernama seleksi mandiri, namun mahasiswa yang diterima nantinya tidak akan berbeda dengan mahasiswa yang sudah lolos jalur nasional. Kesempatan hak maupun kewajibannya sama. Hanya saja untuk biaya awalnya dipatok berbeda. ”Bedanya hanya sekitar Rp 2 juta saja, biaya jalur mandiri memang lebih mahal dari jalur nasional,” ungkapnya.

MALANG - Hari ini seleksi jalur mandiri di Universitas Negeri Malang (UM) siap digelar. Jalur yang diberi nama seleksi mahasiswa program diploma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News