Universitas Pancasila Menerapkan Konsep Green Campus

Universitas Pancasila Menerapkan Konsep Green Campus
Webinar Internasional tentang Green Campus dan Sustainable Development Goals (SDGs) yang diselenggarakan Universitas Pancasila. Foto: Dok. UP

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Pancasila menggelar webinar Internasional tentang Green Campus dan Sustainable Development Goals (SDGs) yang bertemakan “Technology Innovation & Implementation for Green Campus based on Sustainable Development Goals (SDGs)”.

Acara ini sekaligus bertepatan dengan HUT ke-55 UP didukung UI GreenMetric dan Word University Rankings.

Rektor Universitas Pancasila Edie Toet Hendratno mengatakan tujuan diadakan webinar Internasional adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang green campus dan SDGs.

"Selain itu, untuk menginformasikan inovasi dan implementasi teknologi di era pandemi Covid-19. Webinar juga memberikan peluang bagi para dosen/peneliti dan mahasiswa untuk melakukan inovasi penelitian yang berkualitas untuk menyukseskan program SDGs," kata dia.

Dampak yang palinh besar adalah dapat menciptakan kesadaran serta kepedulian khususnya bagi sivitas akademika, dan masyarakat pada umumnya, untuk turut serta berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam mengurangi pemanasan global. Khusus Universitas Pancasila, tentu saja akan terbangunnya jaringan kerja sama penelitian dan pengabdian di tingkat nasional dan internasional.

"Tema yang diangkat merupakan bagian dari pengembangan inovasi dan penerapan hasil riset dalam revolusi industri 4.0 di era pandemi Covid-19, serta untuk menyukseskan program Green Campus Universitas Pancasila dan SDGs tahun 2030," kata Edie Toet Hendratno.

Industri 4.0 merupakan industri yang memadukan teknologi otomasi dengan teknologi siber. Ini adalah tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur, termasuk sistem cyber-fisik, Internet of Things (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif.

Tujuan utama dari industri 4.0 ini adalah stabilitas distribusi barang dan kebutuhan. Industri 4.0 memungkinkan pendataan kebutuhan masyarakat secara real time dan mengirimkan data tersebut ke produsen. Sehingga, produsen dapat memproduksi dalam jumlah yang tepat sesuai kebutuhan.

Universitas Pancasila merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerapkan konsep Green Campus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News