Universitas Terbuka Sisihkan Miliaran Rupiah untuk Mahasiswa Terdampak Covid-19 dan Bencana Alam

Universitas Terbuka Sisihkan Miliaran Rupiah untuk Mahasiswa Terdampak Covid-19 dan Bencana Alam
Gedung pusat layanan pustaka. Foto Dokumentasi P2M2 UT

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) memberlakukan kebijakan khusus guna membantu para mahasiswanya yang terdampak pandemi Covid-19 hingga bencana alam yang terjadi di Tanah Air.

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, cobaan berupa bencana alam yang tak henti-hentinya mendera Indonesia di awal 2021, menambah berat beban kehidupan masyarakat yang tengah berjuang melawan wabah Covid-19.

Di antara mereka yang tertimpa musibah bencana alam dan pandemi tersebut terdapat sejumlah mahasiswa UT. Seperti yang tinggal di Sulawesi Barat terkena gempa bumi, mahasiswa UT di Kalimantan Selatan dan Manado menjadi korban banjir, serta di Garut dan Sukabumi yang terdampak tanah longsor.

"Sebagai wujud rasa empati atas musibah yang terjadi, UT mengambil kebijakan untuk memberikan pembebasan SPP kepada mahasiswa yang terdampak Covid-19 dan bencana alam," kata Rektor UT Prof Ojat Darojat kepada JPNN.com, Senin (1/3).

Dia menyebutkan, jumlah pembebasan SPP yang dilakukan UT hampir menembus angka Rp 9 miliar. Rinciannya adalah pembebasan SPP untuk mahasiswa korban bencana alam sebesar Rp 1 miliar berupa pembebasan SPP selama 1 semester untuk mahasiswa korban banjir sebesar Rp 544.960.020.

Kemudian mahasiswa di Sulawesi Barat yang menjadi korban gempa bumi mendapatkan pembebasan SPP selama 2 semester dengan total bantuan Rp 454.167.877. Lalu, UT juga membebaskan biaya sebesar Rp 8.429.950.000 untuk mahasiswa yang terdampak Covid-19.  

"Pembebasan UKT khusus bagi mahasiswa yang terdampak Covid-19 merupakan relaksasi pembayaran 50 persen UKT untuk mahasiswa program diploma dan sarjana pada tingkat akhir yang tinggal menempuh kurang dari enam SKS pada semester tujuh atau sembilan sebanyak 3.626 mahasiswa sebesar Rp 3.430.100.000," beber Prof Ojat Darojat.

Sedangkan kategori satu lagi adalah pembebasan sementara pembayaran UKT untuk mahasiswa diploma dan sarjana tingkat awal yang terdampak Covid-19 sebanyak 2.484 mahasiswa sebesar Rp 4.999.850.000.

Universitas Terbuka (UT) memberikan bantuan miliaran rupiah untuk mahasiswa yang terdampak pandemi Covid-19 dan bencana alam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News