Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Karutan Cipinang Bacakan Pesan Yasonna

Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Karutan Cipinang Bacakan Pesan Yasonna
Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali saat menyerahkan SK remisi pada warga binaan seusai upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Acara Pemberian Remisi Umum Tahun 2023, Kamis (17/8). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang melaksanakan upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-78 RI dan Acara Pemberian Remisi Umum Tahun 2023, Kamis (17/8).

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali memimpin langsung upacara itu selalu inspektur upacara yang hadir bersama Ibu Fifit Ali Ketua Dharma Wanita, seluruh Pegawai Rutan Kelas I Cipinang, serta diikuti oleh perwakilan warga binaan.

Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Sukarno Ali membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly bahwa Upacara Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan RI sebagai ungkapan rasa syukur 78 tahun sudah Indonesia merdeka dan lepas dari belenggu penjajahan. 

"Kami maknai hari ini untuk mengenang jasa para Pahlawan, menggugah semangat kebangsaan, mencintai dan semangat membangun bangsa tanah air Indonesia," kata Sukarno.

Dalam prosesi upacara juga dilaksanakan pemberian penghargaan dan penyematan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 15 orang pegawai penerima penghargaan yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

Penghargaan diberikan kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin secara terus-menerus paling singkat 10, 20 dan 30 tahun.

"Penghargaan ini semoga dapat memotivasi kinerja para pegawai sehingga kedepannya Semakin PASTI dan BerAKHLAK dan bisa membangun Rutan Cipinang yang selalu melayani masyarakat dan warga binaan," lanjutnya.

Tak hanya itu, Sukanro Ali juga memberikan remisi atau pengurangan masa hukuman kepada 1.323 orang warga binaan dan 30 diantaranya warga binaan langsung bebas.

Rutan Kelas I Cipinang melaksanakan upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News