Upaya Klenik Caleg Raup Suara, Diolesi Minyak, Keris Kecil, dan Prabu Denum Sekar

Upaya Klenik Caleg Raup Suara, Diolesi Minyak, Keris Kecil, dan Prabu Denum Sekar
Bendera partai politik peserta pemilu 2019. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Percaya atau tidak, masih banyak caleg di pemilu 2019 yang menggunakan cara klenik sebagai perantara agar dirinya dipilih rakyat menjadi anggota legislatif. Ragamnya pun bermacam-macam. Dari dimantrai, diolesi minyak tertentu, menyimpan keris kecil hingga mendapatkan jimat dari sebongkah batu yang bernama Prabu Denum Sekar.
---
Segelas kopi dan sebungkus rokok menemaninya pagi itu di satu kedai kopi di Pekanbaru. Hari itu, Riau Pos (Jawa Pos) memang akan melakukan temu bual dengan salah seorang caleg DPRD Kabupaten Siak. Sebelumnya melalui pesan singkat WhatsApp (WA) Riau Pos pun sudah mengabarkan tentang liputan itu.

‘’Iya, saye sudah baca yang awak WA kan itu, saye senyum-senyum aje saat itu. Mengapa saye senyum-senyum, di zaman teknologi canggih sekarang ini masih ada juga orang yang percaya dengan hal-hal gaib dan berbau klenik itu ye,’’ ujarnya.

Dari ungkapannya, dia tidak melakukan tindakan-tindakan gaib atau klenik dengan mendatangi “orang pintar” atau dukun guna memuluskan dirinya mendapat suara dan meraih simpati masyarakat dalam pemilu legislatif 17 April mendatang.

BACA JUGA: Ustaz Abdul Somad Hanya Cerita ke Prabowo, tak Langgar Netralitas PNS

Dirinya, dalam meraih simpati masyarakat lebih banyak turun dan bertemu dengan masyarakat. Disampaikannya jika diamanahkan duduk sebagai anggota dewan dia akan berjuang dan membantu masyarakat.

Namun, dia tidak menampik kalau hal-hal klenik dan berbau gaib itu masih banyak dilakukan orang. Dia sendiri pernah ditawarkan salah seorang kerabat untuk datang ke salah seorang “orang pintar” di Kepulauan Meranti. Kata kerabat itu guna membuka aura dirinya sebab banyak aura negatif yang pada dia. Namun, permintaan kerabat itu ditolaknya mentah-mentah.

‘’Itu syirik. Syirik itu dosa yang tidak akan diampuni Allah SWT. Makanya saya tolak dan saya katakan, kalau Allah SWT sudah menakdirkan saya duduk sebagai anggota dewan, maka jalan menuju ke dewan itu akan terbuka. Tidak perlu buka-buka aura segala,’’ tuturnya.

Di tempat yang sama, duduk pula salah seorang caleg untuk DPRD Kabupaten Bengkalis. Dia juga mengatakan pernah diminta mendatangi orang pintar guna memuluskan langkahnya duduk sebagai anggota dewan.

Masih ada caleg yang menggunakan cara-cara klenik menggunakan jasa dukun untuk bisa meraup suara di Pemilu 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News