Upayakan Danau Toba jadi Mesin Penggerak Ekonomi

Upayakan Danau Toba jadi Mesin Penggerak Ekonomi
Upayakan Danau Toba jadi Mesin Penggerak Ekonomi

jpnn.com - METROSIANTAR - Bupati Samosir, Sumut, Mangindar Simbolon mengatakan, selain ikon pariwisata Sumut, Pulau Samosir telah ditakdirkan menjadi destinasi wisata karena memiliki dua modal utama yang dimilikinya. Yakni alam yang indah dan peninggalan sejarah.

Di tengah Danau Toba, kata Mangindar, ada Pulau Samosir. Konon pulau ini merupakan sejarah lahirnya nenek moyang Batak yang pertama.

”Modal pertama, Samosir memiliki keindahan alam yang luar biasa. Pulau besar dalam danau dengan air tawarnya, iklim yang begitu sejuk, dan pemandangannya yang indah. Modal kedua, Samosir merupakan asal-muasal nenek moyang Batak yang pertama, dengan situs budaya dan peninggalannya yang lengkap,” beber Mangindar, seperti diberitakan Metro Siantar (Grup JPNN).

Dengan anugerah alam luar biasa dan potensinya yang besar di bidang pariwisata, sebagai Bupati Samosir, Mangindar ingin mewujudkan kemajuan dan kejayaan Kabupaten Samosir yang sangat ia cintai melalui sektor pariwisata.

”Pemda memiliki Perda rencana jangka panjang dan jangka menengah, utamanya pada sektor pariwisata. Kami sepakat infrastruktur di Samosir harus berorientasi pada pembangunan wisata sesuai visi misi kami ‘Samosir Menjadi Daerah Tujuan Wisata Lingkungan yang Inovatif 2015’,” ucap Mangindar.

Baginya, industri pariwisata saat ini memiliki potensi nyata sebagai mesin pertumbuhan ekonomi di daerah, baik menggerakkan ekonomi dan kreativitas masyarakat, serta menjadi pendapatan daerah.

”Pariwisata Samosir digabungkan dengan ekonomi kreatif akan dapat mengembangkan potensi destinasi wisata, seni, budaya yang kreatif dan inovatif. Sehingga memiliki nilai jual dan daya saing tinggi, baik tingkat nasional maupun internasional,” sebutnya.

Putra asli Samosir ini mengatakan, Samosir sedang fokus membangun Taman Bumi atau Taman Nasional yang ditargetkan selesai tahun 2015, yang diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) atau Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan.

METROSIANTAR - Bupati Samosir, Sumut, Mangindar Simbolon mengatakan, selain ikon pariwisata Sumut, Pulau Samosir telah ditakdirkan menjadi destinasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News