Update Corona 20 Juni 2020: Kabar dari Sumba Bikin Kaget

Update Corona 20 Juni 2020: Kabar dari Sumba Bikin Kaget
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere. Foto: ANTARA/Benny Jahang

jpnn.com, KUPANG - Update Corona 20 Juni 2020 dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) cukup mengagetkan. Pasalnya, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melaporkan terjadi penambahan tiga orang terkonfirmasi positif virus corona jenis baru (COVID-19) di daerah itu.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan sampel 'swab' (tes usap) ditemukan ada tiga kasus baru positif COVID-19 di dua kabupaten di NTT. Salah satunya ditemukan di Kabupaten Sumba Barat Daya yang sebelumnya merupakan daerah zona hijau dari COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur Dominikus Minggu Mere di Kupang, Sabtu.

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 96 spesimen usap tenggorokan yang diperiksa di laboratorium biologi molekuler PCR RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang pada Sabtu (20/6/2020) ditemukan tiga spesimen yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Sebanyak tiga kasus positif COVID-19 itu tersebar di dua kabupaten di Pulau Sumba, yaitu Kabupaten Sumba Timur dua orang merupakan kasus transmisi lokal, sedangkan di Kabupaten Sumba Barat Daya satu kasus COVID-19 berasal dari luar daerah tersebut.

Dominikus yang juga Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 NTT itu, mengatakan dengan adanya penambahan tiga kasus baru positif COVID-19, maka jumlah pasien positif COVID-19 di NTT mencapai 111 kasus, sedangkan sebelumnya 108 kasus.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 NTT, ada 70 di antara 111 pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh, sedangkan 40 lainnya dalam perawatan medis dan satu orang meninggal dunia.

Dominikus menambahkan dengan ditemukan satu kasus positif COVID-19 di Kabupaten Sumba Barat Daya maka sudah 11 di antara 22 kabupaten/kota di NTT terpapar kasus positif COVID-19.

"Ada satu kabupaten yang semua pasien positif COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh, yaitu Kabupaten Rote Ndao. Dua pasien COVID-19 di daerah itu yang sudah sembuh," kata dia.(Ant/fri/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Dominikus menambahkan dengan ditemukan satu kasus positif COVID-19 di Kabupaten Sumba Barat Daya maka sudah 11 di antara 22 kabupaten/kota di NTT terpapar kasus positif COVID-19.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News