JPNN.com

Update Corona 2 Juli: Penjelasan Yurianto Atas Banyaknya Pasien Sembuh dari Covid-19

Kamis, 02 Juli 2020 – 16:47 WIB
Update Corona 2 Juli: Penjelasan Yurianto Atas Banyaknya Pasien Sembuh dari Covid-19 - JPNN.com
Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto yang ditunjuk jadi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19/ virus corona. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto menyebut angka pertambahan pasien sembuh terus meningkat pesat.

Merujuk data Rabu (1/7) kemarin, pertambahan pasien sembuh dari COVID-19 tercatat 789, sehingga totalnya menjadi 25.595 orang.

Menurut Yuri, sapaan akrab Achmad Yurianto, pesatnya pertambahan angka kesembuhan itu karena membaiknya sistem perawatan untuk pasien positif COVID-19 di rumah sakit.

"Ini disebabkan karena beban layanan rumah sakit salah satu indikatornya tingkat hunian rumah sakit, rata-rata nasional sekitar 55,6 persen. Artinya sumber daya, tenaga kesehatan yang ada bisa memberikan layanan rawatan secara optimal. Tidak terlalu capek," kata Yuri dalam keterangan resmi yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia, Kamis (2/7).

Selain itu, kata dia, kesadaran masyarakat terhadap COVID-19 mulai membaik. Kebanyakan pasien yang datang ke rumah sakit ialah pasien COVID-19 dengan kasus ringan dan sedang.

"Jadi, yang masuk ke rumah sakit pada umumnya adalah kasus-kasus yang ringan-sedang, enggak sampai berat," ucap Yuri.

Berangkat dari kesadaran pula, ujar Yuri, masyarakat mulai melindungi diri orang-orang yang memiliki penyakit bawaan.

Masyarakat mulai berhati-hati dengan menerapkan protokol kesehatan ketat agar virus COVID-19 tidak masuk ke orang dengan penyakit bawaan. Pasalnya, kelompok ini yang sangat rentan terhadap COVID-19.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fajar