JPNN.com

Update Sriwijaya Air SJ 182: Dihantam Gelombang 2,5 Meter, Operasi Evakuasi Dihentikan Sementara

Rabu, 13 Januari 2021 – 13:38 WIB
Update Sriwijaya Air SJ 182: Dihantam Gelombang 2,5 Meter, Operasi Evakuasi Dihentikan Sementara - JPNN.com
Petugas membawa serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ182 di Dermaga JICT 2, Jakarta Utara, Senin (11/1). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi Pencarian dan Pertolongan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Abdul Haris Achadi menyebutkan terjadi cuaca ekstrem saat tim menggelar operasi SAR Sriwijaya Air SJ 182 di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (12/1).

Bahkan, kata dia, tim menghadapi gelombang setinggi 2,5 meter saat operasi pencarian di perairan Kepulauan Seribu. 

Dari situ, ujar dia, Basarnas mengembalikan KM Sarna ke pesisir dan menghentikan operasi SAR dari perairan Kepulauan Seribu.

"Kami terpaksa harus balik kanan, karena cuacanya dapat informasi di lokasi. Cuaca ekstrem sampai 2,5 meter, tinggi gelombang dan kami keluar 1,5 meter tinggi gelombang," ujar Haris ditemui di dermaga JICT 2, Jakarta.

Namun, dia menegaskan, penghentian operasi dilaksanakan sementara. Ketika cuaca mulai membaik, operasi SAR bakal kembali dilanjutkan.

"Untuk sementara ini berhenti dulu sambil lihat cuaca. Hanya sementara," sambungnya.

Sementara itu, Direktur Operasional Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Brigadir Jenderal TNI Rasman mengatakan, operasi SAR Rabu ini juga mengerahkan lebih banyak ambulans dibandingkan sehari sebelumnya. Pada operasi Rabu ini, ambulans yang dikerahkan sebanyak 300 kendaraan. 

"Kemudian ambulans bertambah, karena kemarin kami memang mendapatkan hasil banyak berkaitan dengan korban," ujar dia ditemui di dermaga JICT 2, Jakarta, Rabu.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...