Usai Gotong Royong, Lahan Satu Hektar Ludes Terbakar

Usai Gotong Royong, Lahan Satu Hektar Ludes Terbakar
Usai Gotong Royong, Lahan Satu Hektar Ludes Terbakar

jpnn.com - NATUNA - Sedikitnya satu hektare lahan yang ditumbuhi kayu liar dan perkebunan warga di kampung Pering Bandarsyah hangus terbakar, sekitar pukul 10.00 WIB, Kamis (7/5).

Kebakaran lahan bermula dari aktifitasi warga gotong royong membersihkan sekitar jalan. Dan membakar sampah ke semak, kemudian ditinggalkan pulang. Dilokasi yang sepi penduduk, baru diketahui setelah api membesar.

Sontak warga yang sudah pulang ke rumah, kembali ke lokasi gotong royong memadamkan api. Satu unit mobil pemadam dikerahkan. Namun dengan fasilitas yang minim, petugas hanya bisa berjaga jaga agar tidak merember ke rumah warga.

Namun setelah dua jam  api belum bisa dipadamkan lantaran angin kencang dan sulitnya medan untuk dijangkau. "Selang air kita panjangnya hanya 60 meter saja. Sedangkan titik api sudah sejauh 100 meter lebih," ujar Kasi Pemadam Kebakaran Natuna, Elkadar Lismana.

Akibat kebakaran ini, salah satu pondok kosong milik warga ikut terbakar habis. Petugas menyayangkan atas terjadinya kebakaran tersebut. Pasalnya warga tidak membakar sampah jauh dari lokasi lahan kering tersebut. Sehingga tanpa diawasi, api langsung menjalar keseluruh lahan.

"Untungnya lokasi kebakaran ini jauh dari rumah warga, sehingga apa yang kita hawatirkan tidak terjadi," tuturnya.

Sampai berita ini diturunkan, api belum padam total, petugas masih tetap berjaga dilokasi,  mengantisipasi api terus merambat ke lahan warga lain. "Lokasi ini  tidak jauh dari kawasan perumahan TNI AU Ranai. Tapi mudah-mudahan saja api padam dengan sendirinya," kata  Elkadar.(arn/jpnn)


NATUNA - Sedikitnya satu hektare lahan yang ditumbuhi kayu liar dan perkebunan warga di kampung Pering Bandarsyah hangus terbakar, sekitar pukul


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News