Usai Mudik, Pencaker Membludak, Pemda Harus Ciptakan Lapangan Kerja

Usai Mudik, Pencaker Membludak, Pemda Harus Ciptakan Lapangan Kerja
Pencari kerja di kawasan Industri Batamindo. Foto: dokumen Batam Pos/jpg

jpnn.com - BATAM - Setelah lebaran usai, arus balik menuju Batam, Kepulauan Riau, akan dipenuhi para pendatang baru untuk mencari kerja di kota industri ini. 

Mereka dibawa para pemudik yang telah lama bermukim di Batam. Masalah pengangguran akan timbul karena lapangan pekerjaan di Batam tidaklah cukup.

"Dalam ekonomi, selalu ada konsep urban dan rural. Penduduk dari desa pasti akan datang ke kota untuk mencari kehidupan lebih baik," ujarnya kepada Batam Pos (Jawa Pos Group).

Proses migrasi itu adalah alamiah dan tidak ada sesuatu yang dapat mencegah hal tersebut, bahkan Perdaduk bukan cara yang baik karena akan menimbulkan polemik besar nantinya.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi lonjakan penduduk menurut Zaenuddin adalah pemerintah pusat harus menyiapkan kebijakan baru terkait lapangan pekerjaan dan percepatan pembangunan infrastruktur.

"Selama ini Batam dipandang maju oleh pendatang, sehingga banyak yang kesini," imbuh Zaenuddin.

Jika pembangunan dilakukan secara merata dan lapangan kerja tersedia dalam jumlah banyak, maka para pendatang tak akan tertarik ke Batam dan pasti akan menetap di kampung halamannya.(ska/leo/ray/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News