Usung Tema Memajukan Warisan Bangsa, Dekranas Lakukan Berbagai Persiapan Menuju HUT ke-44

Usung Tema Memajukan Warisan Bangsa, Dekranas Lakukan Berbagai Persiapan Menuju HUT ke-44
Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranas) menggelar jumpa pers persiapan menjelang puncak Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-44 di Press Room Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Kamis (8/5). Foto Wahyu Budiman/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranas) tengah melakukan berbagai persiapan menjelang puncak Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-44.

Perayaan ini rencananya akan berlangsung pada 15–18 Mei 2024 di Solo, Jawa Tengah.

Selain diisi dengan acara syukuran yang dihadiri oleh Pembina Dekranas Iriana Joko Widodo, Ketua Umum Dekranas Wury Maruf Amin, serta Ketua dan Pengurus Dekranas dan Dekranasda dari seluruh Indonesia, akan ada serangkaian kegiatan beragam untuk merayakan dan menghormati kreativitas serta perjuangan UMKM Indonesia.

Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian, menjelaskan perayaan HUT Dekranas ke-44 mengambil tema 'Tumbuh Bersama Majukan Warisan Bangsa' yang berangkat dari dampak Covid-19 bagi para perajin.

“Dengan tema Tumbuh Bersama Majukan Warisan Bangsa ini mudah-mudahan Dekranas bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan ekonomi dan khususnya dari sektor kerajinan nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia. Walau kini banyak modernisasi, kami mempunyai program-program yang juga membantu perajin melestarikan budaya Indonesia,” jelas Tri Tito Karnavian di Press Room Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Kamis (8/5).

Ketua Panitia Pelaksana HUT Dekranas ke-44, Loemongga Agus Gumiwang menuturkan perayaan di Solo dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Akan ada pameran/expo yang melibatkan Dekranasda dari berbagai provinsi, kota, maupun kabupaten.

“Ada pameran di daerah Pura Mangkunegaran yang hingga saat ini sudah tercatat 257 booth. Ada juga acara kirab atau pawai budaya yang berlangsung pada 15 Mei yang menampilkan mobil hias dan defile/arak-arak dari ribuan ibu-ibu PKK,” jelas Loemongga.

Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranas) saat ini sedang melakukan berbagai persiapan menjelang puncak Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-44.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News