Usus Sehat Dapat Melindungi Anda dari Alzheimer

Usus Sehat Dapat Melindungi Anda dari Alzheimer
Ilustrasi. Foto: Hufftington Post

jpnn.com - Alzheimer adalah penyakit kronis yang menyerang otak Anda. Namun, kesehatan usus ternyata ikut mempengaruhi perkembangan penyakit ini.

Kini, sebuah studi baru dari Lund University di Swedia menemukan bahwa mikrorganisme usus yang tidak sehat bisa mempercepat perkembangan Alzheimer.

Laporan yang dipublikasikan dalam journal Scientific Reports menunjukkan bahwa tikus dengan alzheimer memiliki profil bakteri usus berbeda dari yang mengidap penyakit tersebut.

Mikroorganisme usus sangat responsif terhadap faktor makanan dan gaya hidup. Ini menunjukkan bahwa diet usus sehat mungkin memainkan peran yang kuat dalam mencegah salah satu penyakit paling ditakuti di Amerika.

"Alzheimer adalah penyakit yang bisa dicegah dan dalam waktu dekat para ilmuwan mungkin akan bisa memberikan saran tentang apa yang harus Anda konsumsi untuk mencegah timbulnya penyakit tersebut," kata penulis studi, Dr Frida Fak Hållenius seperti dilansir laman MSN, Kamis (6/4).

Jaga bakteri usus Anda dengan mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan dan sayuran. Dalam studi baru, Hållenius dan rekan-rekannya mengungkapkan hubungan sebab akibat langsung antara bakteri usus dan tanda-tanda alzheimer pada tikus.

Ketika sekelompok tikus sehat dijajah dengan bakteri dari tikus dengan alzheimer, mereka mengembangkan suatu plak otak yang mengindikasikan timbulnya alzheimer.

Timbulnya plak beta-amyloid diantara sel-sel saraf di otak adalah penanda utama dari penyakit alzheimer. Plak ini berupa gumpalan protein lengket yang menumpuk antara neuron otak, mengganggu sinyal dan berkontribusi terhadap pembunuhan bertahap dari sel-sel saraf.

Alzheimer adalah penyakit kronis yang menyerang otak Anda. Namun, kesehatan usus ternyata ikut mempengaruhi perkembangan penyakit ini.

Sumber MSN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News