Usut Perusahaan Klien Penyuap Gayus

Usut Perusahaan Klien Penyuap Gayus
Usut Perusahaan Klien Penyuap Gayus
JAKARTA - Langkah penyidik kasus Gayus yang menetapkan konsultan pajak Roberto Santonius sebagai tersangka baru dalam kasus mafia pajak dinilai bukan sesuatu hal yang baru. Sebab, nama Roberto sudah lama disebut Gayus saat di-BAP di kepolisian. "Sebenarnya itu malah "memalukan" bagi institusi kepolisian karena sudah dari awal tapi baru sekarang ditindaklanjuti," kata Donal Fariz, peneliti hukum ICW, Sabtu (26/3).

Penyidik Mabes Polri menetapkan Roberto Santonius sebagai tersangka pada Kamis (24/03). Itu berdasarkan hasil penyelidikan Bareskrim yang menemukan aliran dana dari Roberto ke rekening Gayus. Roberto sendiri merupakan seorang konsultan pajak.

Sebenarnya Roberto Santonius bukanlah nama baru dalam perkara mafia hukum. Sebab, pada Agustus 2009 silam, Roberto pernah ditetapkan sebagai tersangka bersama Gayus terkait dengan tindak pidana pencucian uang (money laundering) dan korupsi.

Dasarnya adalah adanya aliran dana Rp 925 juta ke rekening Gayus. Rekening Roberto lantas diblokir. Namun beberapa waktu kemudian blokir rekening tersebut dibuka dan statusnya berubah hanya menjadi saksi.

JAKARTA - Langkah penyidik kasus Gayus yang menetapkan konsultan pajak Roberto Santonius sebagai tersangka baru dalam kasus mafia pajak dinilai bukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News