UT Pencetak CPNS Terbanyak di 2019, Rektor Ojat Darojat: Mutu Kami Teruji

UT Pencetak CPNS Terbanyak di 2019, Rektor Ojat Darojat: Mutu Kami Teruji
Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) baru saja merilis data jumlah peserta yang lulus tes CPNS 2019. Dari jumlah 138.791 peserta yang lulus, sekitar 9.436 di antaranya merupakan alumni Universitas Terbuka (UT).  

Kabar gembira ini direspon positif Rektor UT Prof Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D. Menurut Ojat, banyaknya lulusan UT yang lulus CPNS 2019 tersebut memberikan tiga makna bagi UT. 

Pertama,  hal ini mencerminkan kualitas kurikulum UT yang semakin baik. Bahan ajar yang dikembangkan, layanan bantuan belajar yang diselenggarakan serta kegiatan evaluasi hasil belajar yang dirancang telah memungkinkan setiap lulusan UT memperoleh pengalaman kuliah yang optimal sesuai dengan profil kualitas lulusan yang diharapkan. 

"Bahan ajar, kualitas proses pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar di UT dikawal secara jelas dan tegas serta dikendalikan melalui sistem penjaminan kualitas internal yang sangat ketat sehingga mutu lulusan UT sangat terjamin," terang Prof Ojat di Jakarta, Rabu (4/11). 

Mereka, lanjutnya, adalah orang-orang terpilih yang telah sukses menghadapi berbagai kendala dan rintangan dalam belajar jarak jauh. Keberhasilan setiap mahasiswa UT sangat tergantung pada upaya dan kerja keras mereka sendiri dengan dukungan penuh UT. 

Untuk mendukung kesuksesan belajar mahasiswa, UT juga telah melakukan beragam terobosan dengan menyediakan beragam kegiatan ekstra kurikuler seperti pelatihan dan workshop keterampilan belajar jarak jauh.

Kemudian mengedukasi mahasiswa untuk meningkatkan literasi dalam bidang komputer dan internet sebagai kebutuhan utama hidup di era revolusi industri 4.0. Begitu pula dengan kegiatan-kegiatan disporseni untuk menyalurkan bakat dan minat mahasiswa. 

Makna kedua bagi UT, banyaknya lulusan UT yang diterima sebagai CPNS juga mencerminkan mutu pendidikan di UT yang terstandar dan dapat diimplementasikan dengan baik di seluruh pelosok Nusantara.

menjadi universitas paling banyak mencetak alumni yang lulus CPNS 2019, Rektor UT mengungkapkan tiga makna

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News