UU Disabilitas Disahkan Tahun Ini

UU Disabilitas Disahkan Tahun Ini
Ilustrasi sidang di DPR. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR, KH Maman Imanulhaq memastikan RUU Disabilitas akan dituntaskan tahun ini. Hal itu diungkapkan politikus PKB itu di hadapan ratusan penyandang disabilitas yang memenuhi ruang Banggar DPR, Selasa (18/8).

Menurut Maman, UU Disabilitas menjadi penting untuk menjamin siapapun memiliki hak yang sama dalam memperoleh akses kehidupan, termasuk penyandang disabilitas.

"Tidak boleh ada perlakuan diskriminasi. Semua mesti memperoleh haknya. Begitu juga para penyandang disabilitas", kata Maman, didampingi anggota Komisi VIII dari Fraksi PAN, Desy Ratnasari.

Maman juga menyebut bahwa UU Disabilitas adalah salah satu wujud konkret kehadiran negara bagi para disabilitas yang selama ini kerap diperlakukan tidak semestinya.

"Negara harus hadir, tentu lewat mekanisme konstitusional karena bernegara, ya berkonstitusi. Dan UU Disabilitas adalah jawabannya," ujar Maman.

Ke depan, pihaknya berharap UU Disabilitas mampu mencegah berbagai kasus diskriminasi dan tindak kekerasan terhadap penyandang disabilitas, baik oleh Negara maupun swasta. (fat/jpnn)


JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR, KH Maman Imanulhaq memastikan RUU Disabilitas akan dituntaskan tahun ini. Hal itu diungkapkan politikus PKB itu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News