Vaksin Covid-19 Buatan UNDIP Semarang Lolos Uji Klinis I, Ganjar: Penting untuk Dikawal

Vaksin Covid-19 Buatan UNDIP Semarang Lolos Uji Klinis I, Ganjar: Penting untuk Dikawal
Gubernur Ganjar Pranowo. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Vaksin nusantara buatan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan RSUP dr Kariadi Semarang Jateng dinyatakan lulus uji klinis tahap pertama.

Saat ini, vaksin yang dikenal dengan sebutan AV-Covid-19 ini telah masuk tahap uji klinis fase kedua.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo siap mendukung penuh pengembangan vaksin dari Jawa Tengah ini. Jika nantinya vaksin dinyatakan telah lolos uji, pihaknya siap menggunakannya untuk masyarakat.

"Tentu saya siap dan mendukung penuh. Kalau nanti itu sudah diuji, seperti GeNose dulu, kami siap menggunakannya. Tinggal nanti dari industrinya seberapa bisa melakukan itu," kata Ganjar di kantornya, Kamis (18/2).

Tak hanya menunggu selesai, Ganjar juga memberikan dukungan untuk mempercepat proses penelitian vaksin nusantara itu. Jika selama ini penelitian dilakukan di Undip dan RSUP Kariadi, Ganjar siap memberikan fasilitas lain untuk mempercepat risetnya.

"Kalau nanti umpama butuh tempat lain untuk penelitian, umpama butuh rumah sakit lain sebagai tempat riset, saya siap mendukung penuh. Tujuh rumah sakit daerah milik Pemprov akan saya berikan semuanya untuk itu," tegasnya.

Dukungan penuh itu diberikan karena vaksin nusantara adalah karya anak bangsa. Apalagi, vaksin itu dikembangkan di Jawa Tengah, sehingga dia tentu memberikan dukungan secara penuh agar proses riset vaksin nusantara bisa dipercepat.

"Apalagi ini dari Jawa Tengah, menurut saya ini sangat penting untuk dikawal. Saya sudah ketemu dengan Pak Terawan dan beliau sudah menceritakan hal ini. Dari ceritanya, metode dan metodologi penggunaannya, vaksin ini jauh lebih aman," jelasnya.

Gubernur Ganjar Pranowo memberikan dukungan untuk mempercepat proses penelitian vaksin nusantara dari UNDIP Semarang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News