Vaksin Merdeka

Oleh Dahlan Iskan

Vaksin Merdeka
Dahlan Iskan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - BERITA baik minggu ini datang dari Hainan. Menteri BUMN Erick Thohir dan Menlu Retno L.P. Marsudi terbang ke kota Sanya.

Itulah 'Pantai Kuta'-nya Pulau Hainan. Di situ mereka bertemu Menlu Tiongkok Wan Yi.

Perjanjian awal pun ditandatangani: Indonesia bisa membeli 50 juta ampul vaksin Covid-19 dari Sinovac pada Januari 2021.

Baca Juga:

Memang, berita media tidak memerinci: apa yang disebut membeli 50 juta ampul itu. Bukankah Bio Farma Bandung bisa memproduksi sendiri –berdasar perjanjian dagang antara Sinovac dengan Bio Farma.

Kemungkinan Indonesia ingin lebih cepat mendapat vaksin itu. Tanpa menunggu Bio Farma. Yang baru bisa berproduksi setelah hasil tes klinis tahap 3 disahkan BPOM.

Di Tiongkok uji klinis tahap 3 itu sudah dilakukan lebih dulu. Tiongkok sudah bisa memproduksinya lebih awal.

Baca Juga:

Ketika yang 50 juta itu habis dipakai tepat ketika Bio Farma sudsh diizinkan mulai memproduksi. Saya memperkirakan seperti itu.

Kemungkinan lain, selama ini uji klinis tahap 3 di Bandung itu belum disertai perjanjian dagangnya. Maka di pertemuan Hainan itulah Bio Farma mulai mendapat hak memproduksi 50 juta.

Saya salut tim Erick Thohir mampu menemukan jalan kuda itu. Membeli dulu dari Tiongkok itu saya anggap langkah yang sigap. Tidak ada lagi isu halal-haram. Tanpa harus terjadi caci maki.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News