Vaksin Sinovac Cegah Kematian Akibat Covid-19 Hingga 98 Persen

Vaksin Sinovac Cegah Kematian Akibat Covid-19 Hingga 98 Persen
Vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Litbangkes) mengeklaim dosis lengkap vaksin Sinovac bisa mencegah 98 persen kematian akibat Covid-19.

"Vaksinasi Sinovac dua dosis ataupun dosis lengkap itu bisa mencegah sebesar 98 persen kematian karena Covid-19," kata Ketua Tim Peneliti Pandji Dhewantara dalam konferensi pers, Rabu (12/5).

Menurutnya, hasil kajian cepat ini hanya menemukan satu individu yang meninggal akibat Covid-19 setelah menerima dosis lengkap vaksin Sinovac.

Dia juga mengatakan efektivitas dosis lengkap vaksin Sinovac mencapai 94 persen untuk mencegah terjangkit Covid 19.

Kemudian, lanjut Pandji, tingkat efektivitas vaksim Sinovac dalam mencegah perawatan akibat Covid 19 mencapai 96 persen.

Kementerian Kesehatan melakukan kajian cepat ini selama periode 13 Januari hingga 18 Maret 2021 dengan responden sebanyak 128.290 tenaga kesehatan di Jakarta.

Pada kesempatan yang berbeda, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga menyampaikan hal yang sama.

"Kami melihat penurunan yang sangat drastis, dalam rawat inap dan kematian di antara pekerja medis," kata Budi dikutip dari Bloomberg, Rabu (12/5). (mcr9/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Litbangkes) mengeklaim dosis lengkap vaksin Sinovac bisa mencegah 98 persen kematian akibat Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News