JPNN.com

Vaksinasi Covid-19 Tenaga Kesehatan Belum Mencapai Target

Rabu, 24 Februari 2021 – 10:22 WIB
Vaksinasi Covid-19 Tenaga Kesehatan Belum Mencapai Target - JPNN.com
Prof Wiku Adisasmito. Foto: diambil dari covid19goid

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 meminta tenaga kesehatan untuk mengikuti program vaksinasi.

Pelaksaanaan program vaksinasi tahap pertama dengan sasaran tenaga kesehatan masih menyisakan sekitar 200 ribu orang lagi, dari target sekitar 1,4 juta orang.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengakui ada beberapa hal yang menyebabkan vaksinasi belum mencapai targetnya.

Hal itu bisa dari sisi mekanisme vaksinasi, mulai dari registrasi, pelaksanaan juga sosialiasi program vaksinasi yang ditargetkan.

"Untuk pihak penyelenggara fasilitas kesehatan, mohon untuk dapat menjamin setiap tenaga kesehatannya telah tervaksinasi melalui pencatatan dan vaksinasi yang terjadwal," kata Wiku di Graha BNPB, Selasa (23/2).

Dia berharap, penyelenggara vaksinasi dapat memperhatikan kendala yang dihadapi petugas kesehatan seperti kesulitan akses, jarak fasilitas pelayanan kesehatan dari domisili peserta vaksinasi, serta pemberitahuan jadwal vaksin agar masyarakat yang mendapatkan giliran vaksinasi, dapat mengikuti dengan persiapan yang baik.

Juga terkait vaksinasi lansia, saat ini untuk mendapatkan vaksin hanya melalui fasilitas kesehatan. Baik di puskesmas maupun di rumah sakit.

Pemerintah terus melakukan sosialisasi program vaksinasi lansia dengan berbagai media. Terdapat dua metode bagi masyarakat lansia untuk mengikutinya. Yaitu pada fasilitas kesehatan pemerintah atau organisasi lain yang menjadi mitra pemerintah.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...