Vamos Indonesia Kirim Pesepak Bola Muda ke Spanyol

Vamos Indonesia Kirim Pesepak Bola Muda ke Spanyol
Para pesepak bola muda Indonesia yang dikirim ke Spanyol melalui program Vamos Indonesia. Foto: Vamos Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Pesepak bola asal Balikpapan, Kalimantan Timur, Helmy Putra Damanik berhasil masuk starting line up tim CIA Palencia A yang berlaga pada Liga Nasional U-18 Division de Honor, Spanyol.

CIA Palencia A bergabung dalam Castille de Leon Provincial yang juga diisi Real Madrid U-18, Atletico Madrid U-18, Leganes U-18, dan lain-lain.

Helmy bisa bermain setelah beberapa minggu lalu mendapatkan kartu Ficha. Kartu Ficha ini adalah bentuk pengajuan resmi Federasi Sepak Bola Spanyol jika ada orang asing non-Spanyol yang ingin bermain di Liga Spanyol.

Tanpa Ficha, pesepak bola mana pun tidak akan bisa bermain di Liga Resmi Spanyol.

Saat ini masih ada enam anak Indonesia di Palencia Academy yang sedang menunggu Ficha untuk bisa “resmi” bermain di Liga Pemuda Spanyol. Mereka tergabung dalam proyek Vamos Indonesia.

Proyek Vamos Indonesia ini sepenuhnya didanai perorangan untuk melahirkan pemain-pemain bola muda berbakat Indonesia agar bisa bermain di liga-liga profesional, terutama di Eropa.

Untuk tahap awal, Spanyol dipilih karena memiliki kelengkapan sekolah akademi bola terbaik bagi anak usia muda.

Sebelum Helmy, sudah ada anak Indonesia lainnya, yakni Reza, yang juga telah mendapatkan kartu Ficha dan sudah bermain di LIga U-18 Provincional.

Helmy Putra Damanik berhasil masuk starting line up tim CIA Palencia A yang berlaga pada Liga Nasional U-18 Division de Honor, Spanyol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News