Victor Yeimo, Aktor Kerusuhan di Jayapura, Kabur ke Papua Nugini

Victor Yeimo, Aktor Kerusuhan di Jayapura, Kabur ke Papua Nugini
Jubir KNPB Victor Yeimo yang ditangkap Minggu (9/5) malam, di sekitar Tanah Hitam, Distrik Abepura, Jayapura. Foto: ANTARA/HO/Satgas Nemangkawi

jpnn.com, JAYAPURA - Juru bicara organisasi Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Victor Yeimo ditangkap pada Minggu (9/5) malam, di kawasan Tanah Hitam, Distrik Abepura.

KNPB merupakan salah satu organisasi yang berjuang memisahkan Papua dari NKRI.

Sebelum ditangkap, Victor Yeimo sempat melarikan diri ke Papua Nugini (PNG) setelah terjadi aksi kerusuhan 2019.

"Yeimo mengaku kembali ke Jayapura sejak bulan September 2020 lalu," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri di Mako Brimob Kotaraja Jayapura, Senin (10/5) malam.

Fakhiri menjelaskan, Victor Yeimo pada Maret 2019 bersama Veronica Koman hadir dalam sidang HAM PBB di Swiss.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya berbicara tentang hak berpendapat masyarakat Papua dan menentukan nasib sendiri atau merdeka.

"Pada 19 Agustus 2019, Victor Yeimo melakukan orasi di halaman kantor gubernuran Dok II dengan meneriakkan "Papua Merdeka"," ujar Fakhiri.

"Yeimo menjadi aktor di belakang layar untuk pergerakan massa pada demo rasialisme di Jayapura yang berujung anarkistis dengan melakukan perusakan fasilitas umum," katanya.

Juru bicara Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Victor Yeimo ditangkap pada Minggu (9/5) malam, di kawasan Tanah Hitam, Distrik Abepura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News