Vietnam Sebut Tiongkok Ancaman Bagi ASEAN

Vietnam Sebut Tiongkok Ancaman Bagi ASEAN
Peta wilayah Laut China Selatan (LCS). Ilustrasi: The Economist

jpnn.com, SINGAPURA - Vietnam menilai manuver Tiongkok di Laut China Selatan tak hanya merugikan satu dua negara, tetapi seluruh ASEAN. Jika dibiarkan, Beijing berpotensi makin semena-mena di Asia Tenggara.

"Apa yang dilakukan Tiongkok sangat mengkhawatirkan dan agak mengancam, tidak hanya terhadap Vietnam, tetapi juga negara-negara lain," kata Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam, Nguyen Quoc Dung, dalam sebuah kuliah di Institut Kajian Asia Tenggara di Singapura.

Klaim Tiongkok di Laut China Selatan menjadi sumber gesekan dengan negara-negara anggota ASEAN seperti Malaysia, Filipina dan Brunei Darussalam. Amerika Serikat turut menjadi salah satu negara yang berselisih dengan Tiongkok terkait klaim tersebut.

Dung menyayangkan selama ini mitra-mitra terdekat Tiongkok di kawasan Asia Tenggara menolak untuk mengambil tindakan tegas terhadap Negeri Tirai Bambu tersebut. Dia berharap ke depannya ASEAN dapat lebih kompak dalam menyikapi isu Laut China Selatan.

Untuk diketahui, sebuah kapal survei minyak milik Tiongkok baru-baru ini melakukan eksplorasi di perairan yang masuk dalam zona ekonomi eksklusif Vietnam. Namun, Beijing mengklaim kapal itu hanya melakukan survei ilmiah di perairan yang dikuasai Tiongkok. (ant/dil/jpnn)

Vietnam menilai manuver Tiongkok di Laut China Selatan tak hanya merugikan satu dua negara, tetapi seluruh ASEAN. Jika dibiarkan, Beijing berpotensi makin semena-mena di Asia Tenggara.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News