Vietnam vs Indonesia, Nilmaizar: 10 Tahun Lalu Negeri Naga Biru Itu Bukan Apa-Apa, Sekarang?

Vietnam vs Indonesia, Nilmaizar: 10 Tahun Lalu Negeri Naga Biru Itu Bukan Apa-Apa, Sekarang?
Nilmaizar. Foto: dok pribadi for Padang Ekspres/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Eks Pelatih Timnas Indonesia Nilmaizar memberikan penilaiannya soal Timnas Vietnam yang menjadi lawan Skuad Garuda dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G di Stadion Al Maktoum, Dubai, Senin (7/6) malam nanti (siaran langsung SCTV 23.45 WIB).

Sebagai mantan pemain dan juga pelatih, Nil menilai Vietnam memang menunjukkan perkembangan yang pesat semenjak dilatih oleh Park Hang Seo.

Dia mengenang, sepuluh tahun lalu, kekuatan Vietnam masih berada di bawah Indonesia.

"Vietnam sepuluh tahun lalu bukan apa-apa, karena beberapa kondisi, mereka kini ada di level seperti sekarang," katanya, saat dihubungi Senin siang.

Saat masih berada di level AFF, Nil ingat pada 2010 misalnya, Indonesia dan Malaysia sudah bersaing di final AFF. Sementara Vietnam masih tim yang mudah dikalahkan, bahkan Indonesia pernah mengalahkan mereka di kandangnya.  

"Sekarang berbeda, ini yang harus dipelajari oleh PSSI, saya yakin PSSI sudah tahu harus bagaimana agar sepak bola Indonesia baik," tutur Nilmaizar.

Memang, Park Hang Seo mampu membangun sepak bola Vietnam menjadi kekuatan besar di Asia Tenggara dan cukup diperhitungkan di Asia.

Pelatih yang sudah berusia 61 tahun tersebut sempat mengantarkan Vietnam ke final Piala Asia U-23 2018, kemudian ke perempat final Piala Asia 2019, dan juga juara di Piala AFF 2018 dan SEA Games 2019.(dkk/jpnn)


Vietnam vs Indonesia: Menurut Nilmaizar, dahulu negara berjuluk Naga Biru itu bisa diatasi oleh Skuad Garuda


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News