Vietnam vs Thailand Main Mata, Timnas U-19 Indonesia Bisa Tak Lolos Semifinal Piala AFF U-19 2022

Vietnam vs Thailand Main Mata, Timnas U-19 Indonesia Bisa Tak Lolos Semifinal Piala AFF U-19 2022
Dukungan besar suporter dan kemenangan Indonesia vs Myanmar, MInggu (10/7) tak ada artinya jika Vietnam vs Thailand Imbang dengan gol tercipta. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Nasib Timnas U-19 Indonesia tengah di ujung tanduk. Penyebabnya, kepastian lolos dan tidaknya Skuad Garuda Nusantara dari Grup A Piala AFF U-19 2022 bergantung kepada hasil pertandingan lainnya.

Pertandingan yang dimaksud ialah pertemuan Vietnam kontra Thailand. Pertandingan dua tim yang kini menempati posisi puncak dan runner-up klasemen Grup A Piala AFF U-19 diharapkan berakhir dengan salah satu tim keluar jadi pemenang.

Timnas U-19 Indonesia boleh menjadi tim yang memiliki selisih gol terbaik di Grup A. Namun, dalam aturan Piala AFF U-19 2022, banyak mencetak gol bukan jaminan bisa dapat posisi tertinggi di grup jika memiliki poin sama dengan tim lain.

Mengacu kepada aturan dua atau lebih tim memiliki poin sama, maka yang diterapkan ialah perhitungan head to head antara tim-tim yang poinnya sama. Jika Indonesia berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor berapa pun, Timnas U-19 Indonesia otomatis mengumpulkan sebelas poin.

Poin itu sama dengan yang dimiliki oleh Vietnam dan Thailand jika bermain imbang, Minggu (10/7), besok malam . Saat ini, Vietnam dan Thailand punya sepuluh poin. Dengan perhitungan Indonesia menang dan Vietnam vs Thailand imbang, maka ada tiga tim yang punya poin 11.

Simulasi ini menjadikan Indonesia, Vietnam, Thailand berada dalam posisi sama untuk nilainya. Klasemen tim yang sama ini kemudian dibuat dengan melihat head to head mereka. Artinya, jika Vietnam kontra Thailand imbang 0-0, maka perhitungan dianggap sama kuat, karena sebelumnya, Indonesia juga main 0-0 lawan Vientam dan Thailand.

Namun, jika Thailand dan Vietnam imbang dengan skor 1-1, 2-2 dan seterusnya, maka yang lolos ialah Vientam dan Thailand. Sebab, kedua tim memiliki agresivitas gol lebih baik dari Indonesia saat dihitung head to head tiga tim dengan poin sama.

Artinya, berapa pun gol yang berhasil dicetak oleh Indonesia sebelumnya, tidak dianggap lagi. Cedera Marselino Ferdinan juga disayangkan, karena ujungnya nasib Indonesia harus bergabtung kepada hasil Vietnam kontra Thailand.

Timnas U-19 Indonesia menanggung dua beban jelang laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 melawan Myanmar, Minggu (10/7) malam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News