Virus Jembrana Ternyata Telah Menyebar Sampai ke Lahat

Virus Jembrana Ternyata Telah Menyebar Sampai ke Lahat
Ilustrasi sapi. Foto: Eka P/Radar Banjarmasin/JPNN

jpnn.com, PALEMBANG - Virus Jembrana ternyata telah menyebar dan menyerang 10 ekor sapi bali di Lahat, Sumatera Selatan.

"Tim dokter hewan kami turunkan, dan hasilnya memang mengejutkan. Temuan kita Oktober-November, ada 10 sapi milik peternak di Kelurahan Sari Bungamas kena virus tersebut," ujar Kabid Perternakan dan Keswan Dinas Petanian Lahat, Ir Nursiwan.

Menurutnya, virus berbahaya itulah yang menyebabkan sapi berkeringat darah. Dia pun meminta masyarakat tidak mengonsumsi jeroan dan usus sapi yang terjangkit virus ini.

"Untuk daging, kalaupun mau dikonsumsi harus dimasak dengan benar dan matang. Karena dikhawatirkan virus itu menular ke manusia. Lebih baik lagi jangan dikonsumsi dagingnya," kata dia.

Nursiwan pun merinci sapi bali terjangkit Jembrana ditandai dengan demam tinggi, nafsu makan menurun, diare bercampur darah, air liur berlebihan, dan ada pembengkakan pada kaki.

"Peternak sapi pun kita imbau tidak membeli sapi dulu," ujarnya. Jika terpaksa harus beli, maka pastikan ada surat kesehatan hewan. Untuk yang sudah ada akan diisolasi dengan pemberian antibiotik dan vitamin.

"Kandang disemprot desinfectan," tandasnya.

Diketahui, data Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel sendiri mencatat, sepanjang Oktober-November ada 53 ekor sapi bali di 3 daerah mati karena virus Jembrana.

Virus Jembrana ternyata telah menyebar dan menyerang 10 ekor sapi bali di Lahat, Sumatera Selatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News