Virus ND dan Coryza Mulai Mereda

Virus ND dan Coryza Mulai Mereda
Virus ND dan Coryza Mulai Mereda
SAMPIT – Wabah virus Newcastle Disease (ND) atau tetelo dan Coryza yang menimpa ternak ayam di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur mulai mereda. Namun demikian, pengosongan kandang masih dilakukan peternak. Sikap ini sebagai bentuk kewaspadaan hingga wabah ND dan Coryza benar-benar aman.

Kepala Bidang Peternakan dan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kotawaringin Timur (Distanak-Kotim) Bima Eka Wardana memastikan bahwa penyebaran virus tersebut sudah mereda, seiring dengan tindakan peternak yang mengosongkan kandang mereka.

“Untuk ND sudah agak mereda dan yang tersisa masih wabah Coryza, namun itu pun masih sebagian saja. Virus ini sebenarnya ada di mana-mana dan memang mewabah terutama pada musim pancaroba,” ungkapnya kepada Radar Sampit (JPNN Grup).

Lebih lanjut dijelaskan Bima, virus tersebut sangat mudah menyebar terutama pada kondisi kandang ayam yang kotor, ditambah lagi jika ayam yang ada di kandang tidak diberikan vaksinasi. Karena itu lanjutnya, langkah para peternak untuk mengosongkan kandang dan membersihkannya agar virus tersebut tidak menyebar sudah merupakan langkah yang tepat. “Ciri-ciri ND sendiri, biasanya badan ayam terlihat lesu dan leher berputar-putar yang kemudian bisa diiringi dengan kematian,” tambah pria berkaca mata ini.

SAMPIT – Wabah virus Newcastle Disease (ND) atau tetelo dan Coryza yang menimpa ternak ayam di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur mulai mereda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News