Vitamin C dan Ibuprofen Ampuh Obati Tuberkulosis

Vitamin C dan Ibuprofen Ampuh Obati Tuberkulosis
Vitamin C dan Ibuprofen Ampuh Obati Tuberkulosis
BARCELONA - Vitamin C serta ibuprofen, menjanjikan penyembuhan atas tuberkulosis. Demikian hasil studi baru yang dilakukan para peneliti di Barcelona, Spanyol.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Infectious Diseases, para peneliti menemukan bahwa obat anti-inflamasi ibuprofen mampu memperlambat pembentukan lesi TBC di paru-paru tikus. Tikus yang terinfeksi bakteri TB diberi ibuprofen, hidup lebih lama daripada tikus yang tidak diobati dengan ibuprofen.

Di sisi lain, para peneliti juga menemukan bahwa vitamin C dapat membunuh bakteri TB yang tumbuh di laboratorium, termasuk strain TB yang selama ini resistan terhadap obat-obatan yang tersedia di pasaran saat ini.

Para ilmuwan menyatakan, baik vitamin C ataupun ibuprofen telah diuji secara klinis sebagai pengobatan untuk TB meskipun hasil studi di laboratorium dan hewan tidak selalu berlaku pada manusia. Tetapi temuan ini penting, terutama mengingat angka kematian global yang tinggi akibat penyakit TB,  serta senyawa ini sudah biasa digunakan pada manusia.

BARCELONA - Vitamin C serta ibuprofen, menjanjikan penyembuhan atas tuberkulosis. Demikian hasil studi baru yang dilakukan para peneliti di Barcelona,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News