Waduh! 877 Ekor Sapi di Bangka Belitung Diduga Mengidap Penyakit Mulut dan Kuku

Waduh! 877 Ekor Sapi di Bangka Belitung Diduga Mengidap Penyakit Mulut dan Kuku
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan sebanyak 877 ekor sapi di Pulau Bangka bergejala Penyakit Mulut dan Kuku. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan sebanyak 877 ekor sapi di Pulau Bangka bergejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Ternak sapi lima kabupaten/kota di Pulau Bangka sudah suspek PMK," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel Junaidy di Pangkalpinang, Sabtu.

Adapun teknak yang suspek Penyakit Mulut dan Kuku berada di Pulau Bangka Belitung tersebar di Kabupaten Bangka Tengah 342, Bangka 169, Bangka Barat 5, Bangka Selatan 25 dan Kota Pangkalpinang 336 ekor sapi.

"Kami sudah mengambil sampel darah sapi suspek PMK ini untuk dikirim ke Laboratorium Pen Puspa di Jawa Timur untuk memastikan apakah sapi ini sudah tertular virus PMK atau belum," katanya.

Menurut dia, secara klinis ratusan sapi ini sudah menunjukkan ke arah PMK tersebut.

Kendati demikian, belum ada hasil uji laboratorium.

"Saat ini kami belum menerima laporan, ternak sapi di Pulau Belitung yang suspek PMK ini" ujarnya.

Junaidy menyebut 536 sampel darah sapi di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Selatan yang dikirim ke Laboratorium Pen Puspa di Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan sebanyak 877 ekor sapi di Pulau Bangka bergejala Penyakit Mulut dan Kuku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News