Waduh! Elektabilitas Pak Jokowi Masih di Bawah 30 Persen

Waduh! Elektabilitas Pak Jokowi Masih di Bawah 30 Persen
Presiden Joko Widodo. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Meski berstatus orang nomor satu di negeri ini, bukan berarti Presiden Joko Widodo bakal dengan mudah memenangkan Pemilu 2019. Selama elektabilitas pria yang akrab disapa Jokowi itu di bawah 50 persen, posisinya belum aman.

Berdasarkan survei yang dilakukan Roda Tiga Konsultan (RTK), jika pilpres digelar hari ini, hanya 29,8 persen pemilih yang akanmemberikan suara kepada Jokowi.

"Melihat tren publik posisi Jokowi belum aman, karena tingkat kepuasan atas kinerjanya pun baru mencapai 50 persen," jelas pakar komunikasi politik Universitas Diponegoro (Undip) Moch Yulianto dalam paparan survei bertema 'Kepemimpinan Nasional dan Kinerja Pemerintah' di Cafe Mandailing, Lebak Bulus, Jakarta, Minggu (22/10).

Data RTK menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi mencapai 56,9 persen. Sedangkan yang tidak puas 27,4 persen, dan sangat tidak puas 2 persen.

Yulianto menyebut, Jokowi masih lemah pada tingkat ketegasannya. Terutama dalam menyikapi peristiwa-peristiwa hukum seperti pro kontra Perppu Ormas dan pemberantasan korupsi.

Karenanya faktor pemilihan wakil presiden menjadi sangat penting bagi Jokowi. "Faktor pemilihan cawapres juga menentukan kemenangan dan meningkatkan elektabilitas Jokowi," katanya.

Munculnya nama Jenderal TNI Gatot Nurmantyo sebagai bakal calon pendamping Jokowi juga bukan jaminan kuat. Hal itu lantaran Gatot bukan berasal dari kalangan partai politik.

"Muncul nama Gatot Nurmantyo yang masih menduduki posisi tinggi di TNI masih direspon publik. Tapi bagaimana nanti ketika dia sudah tidak menjadi panglima. Itu akan beda, karena dia tidak memiliki gerbong politik," tegas Yulianto.

Senada juga disampaikan politisi Partai Demokrat Didik Mukrianto. Menurutnya, elektabilitas Jokowi tidak cukup istimewa mengingat posisinya sebagai petahana.

Survei Roda Tiga Konsultan menunjukkan bahwa elektabilitas Presiden Joko Widodo masih jauh dari titik aman untuk memenangkan Pilpres 2019

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News