Waduh.. Gunung Sumbing dan Andong Sengaja Dibakar

Waduh.. Gunung Sumbing dan Andong Sengaja Dibakar
jpnn

jpnn.com - MUNGKID - Kebakaran hutan masih menghantui warga Magelang. Terbaru, Gunung Sumbing dan Andong terbakar. Insiden itu diduga kuat karena faktor kesengajaan.

“Ada sekitar 15 hektare di petak 2A Resor Pemangku Hutan (RPH) Mangli Gunung Sumbing, Desa Marongan, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang yang terbakar,” kata Kepala Perhutani RPH Mangli Kedu Utara Kabupaten Magelang, Anwar Sanusi, kemarin.

Gunung Andong yang saat ini jadi primadona wisata alam juga terbakar. Dari sejumlah sumber api terpantau membakar hutan di dua titik pada akhir pekan lalu. Kemarin (6/9) api sudah padam.

Anwar mengatakan untuk Gunung Sumbing, kebakaran terjadi pukul 07.00 pagi. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 13.00 siang. Menurutnya, kebakaran sudah berada di area puncak Gunung Sumbing. “Kami sempat kewalahan memadamkan karena lokasi yang sulit, terjal dan jauh dari pemukiman,” ujar Anwar.

Dia menjelaskan, untuk memadamkan api tersebut petugas dibantu oleh warga dari tiga dusun sekitar hutan, yakni dari Dusun Marongan, Desa Butuh, dan Prampelan. Pemadaman pun dilakukan dengan cara manual yakni membuat sekat dan menggunakan gepyok ranting untuk mematikan bara api.

“Adapun vegetasi yang terbakar adalah semak dan rumput berupa alang-alang dan senggani. Api cepat membesar dan meluas karena kondisi vegetasi kering dan angin juga bertiup kencang,” kata Anwar.

Menurutnya, kebakaran yang terjadi ini, diduga kuat lantaran ulah manusia yang secara sengaja melakukan pembakaran. Dari indikasi yang ada, kebakaran ini dipicu oleh perumput yang berniat untuk membuka lahan.

“Mungkin dengan membakar semak ini bisa membuat rumput bisa tumbuh lebih bagus. Namun, langkah ini salah dan merugikan,” papar Anwar. (vie)

MUNGKID - Kebakaran hutan masih menghantui warga Magelang. Terbaru, Gunung Sumbing dan Andong terbakar. Insiden itu diduga kuat karena faktor kesengajaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News