Wah Enak Nih, Ruas Tol Ini Digratiskan

Wah Enak Nih, Ruas Tol Ini Digratiskan
Ilustrasi. FOTO: dok/jawa pos

jpnn.com - PASURUAN - Setelah tertunda beberapa kali, ruas jalan tol Porong-Gempol akhirnya difungsikan mulai kemarin (8/5). Selama sepekan ke depan atau hingga 17 Mei, ruas tol tersebut diujicobakan bagi para pengendara.

''Uji coba ruas jalan tol ini kami lakukan selama sepekan. Selama uji coba, kendaraan yang melintas tidak dikenai biaya atau gratis,'' ujar Utomo, kepala tol Porong-Gempol PT Jasa Marga Cabang Surabaya, kemarin.

Dia menjelaskan, kebijakan itu sesuai keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 257/KTPS/M/2015 pada 6 Mei 2015. ''Seharusnya, uji coba dimulai April lalu. Karena ada beberapa kendala teknis dan masalah kesiapan di lapangan, jadi tertunda,'' terangnya.

Ruas tol Porong-Gempol dibuka dua jalur dari pintu tol Kejapanan dan Gempol. Ruas tol tersebut memiliki panjang 3,5 kilometer mulai dari jalur arteri di Kejapanan sampai bundaran Gempol. ''Semua jenis kendaraan boleh melintas, kecuali roda dua dan tiga. Selama uji coba itu, ruas tol beroperasi 24 jam dan gratis,'' tuturnya.

Setelah sepekan masa uji coba atau 18 Mei pukul 00.00, setiap pengendara yang melintas bakal dikenai tarif yang telah disepakati. ''Penetapan tarifnya sudah ada, pusat yang memutuskan. Tarif berlaku saat melintas di sepanjang ruas jalan tol ini dan diberlakukan sejak operasional resmi pasca habisnya masa uji coba,'' katanya

Pengoperasian tol Porong-Gempol sempat berlarut-larut. Berdasar catatan koran ini, proyek tol yang dibangun pada 23 Januari 2013 dengan ditandai pemancangan batu pertama itu semula dijadwalkan memakan waktu 14 bulan. Pada April 2014 proyek tersebut ditargetkan tuntas dan Mei 2014 bisa diujicoba.

Namun, realisasinya di lapangan menghadapi hambatan. Mulai alotnya pembebasan lahan di Desa Legok sampai amblesnya salah satu bagian proyek tol di Dusun Patuk, Gempol. Jadi, pihak pelaksana proyek harus membangun ulang di titik yang ambles itu serta memperbaiki sejumlah rumah warga yang terimbas amblesnya proyek tol tersebut. Secara keseluruhan, proyek tol itu sudah rampung April lalu. (zal/mie/dwi) 


PASURUAN - Setelah tertunda beberapa kali, ruas jalan tol Porong-Gempol akhirnya difungsikan mulai kemarin (8/5). Selama sepekan ke depan atau hingga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News