Wahai Umat Islam.. Sapi Betina Dilarang Disembelih Untuk Kurban di Daerah Ini

Wahai Umat Islam.. Sapi Betina Dilarang Disembelih Untuk Kurban di Daerah Ini
Wahai Umat Islam.. Sapi Betina Dilarang Disembelih Untuk Kurban di Daerah Ini

jpnn.com - CILEGON- Minimnya populasi sapi lokal membuat sapi betina dilarang dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha mendatang. Disperla Cilegon mengimbau para pedagang hewan kurban untuk tidak menjual sapi betina produktif. Selain akan mempengaruhi populasi sapi, pelarangan tersebut juga diatur dalam Undang - Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

"Imbauan kita intinya seperti itu, kita melarang penjual ternak hewan untuk menjual sapi betina yang produktif," tegas Kepala Disperla Cilegon, Andi Affandi, Minggu (13/9).

Andi menjelaskan, pelarangan tersebut merupaka upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi ternak sapi lokal. Sebab jumlah keberadaan sapi lokal tergantung seberapa banyak sapi betina produktif yang dimiliki.

"Kenapa sapi betina itu dilarang untuk dipotong, sebetulnya itu lebih kepada untuk pengembangbiakan. Karena kita kan tahu kalau kita di Indonesia kekurangan sapi, makanya sapi betina dilarang dipotong dan diperjual belikan," ungkapnya.

Hingga saat ini, sambung Andi, tim Disperla nantinya akan segera terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui hal itu termasuk juga terkait kondisi hewan kurban baik sapi dan kambing yang layak atau tidak layak untuk dikonsumsi.

"Sampai saat ini, untuk penjualan sapi yang diperjualbelikan itu, kita ketahui sapi jantan semua, tetapi dalam waktu dekat kita akan periksa semuanya segera. Termasuk kesehatan dari hewan kurban, apakah layak atau tidak untuk di kurbankan," tandasnya. (nal/zal)

 


CILEGON- Minimnya populasi sapi lokal membuat sapi betina dilarang dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha mendatang. Disperla Cilegon mengimbau para


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News